Lomba Dayung Sampan Awali Event Ngurbloat Beach Games 2022

Event yang memadukan sport tourism dan budaya itu diawali dengan lomba dayung sampan. Lomba adu kecepatan ini melibatkan 20 tim dari berbagai kalangan.


Langgur, suaradamai.com – Badan Pengelola Destinasi Wisata Ngurbloat dan Pemerintah Ohoi/Desa Ngilngof resmi menggelar event Ngurbloat Beach Games 2022, Sabtu (8/10/2022).

Event yang memadukan sport tourism dan budaya itu diawali dengan lomba dayung sampan. Lomba adu kecepatan ini melibatkan 20 tim dari berbagai kalangan.

Ketua Badan Pengelola Ronald Tethool menjelaskan, mereka menerapkan pemeriksaan kesehatan yang ketat bagi para peserta lomba. Pemberlakuan tes kesehatan merupakan kesepakatan bersama panitia, tim medis dan penanggungjawab (koordinator) tim dayung saat technical meeting.

Setelah dilakukan pemeriksaan oleh tenaga medis dari Puskesmas Ngilngof, terdapat tiga peserta memiliki darah tinggi. Sehingga tidak diizinkan bertanding.

Untuk itu, tim yang dimana ketiga peserta tersebut bernaung akhirnya mengikutsertakan pedayung cadangan mereka (yang telah dinyatakan lulus pemeriksaan medis).

Ronald mengungkapkan, babak penyisihan diikuti 20 tim dayung yang dibagi dalam 5 grup. Dari masing-masing kelompok dipilih satu tim yang finish di urutan pertama sebagai finalis.

Grup A terdiri dari OMK Langgur, Ohoiluk I, OMK Semawi dan LC Kompas I. Di grup B diisi Raja Rumadian, Hoat Tamngil, Wain dan Debut 3.

Wain II, Pemuda Katolik, Rumadian dan Debut I ada di grup C. Untuk grup D ada OMK Wain, Debut II, Watngon I dan LC Kompas II.

Sementara di grup E dihuni tim dayung Ohoiluk III, Lanal Tual, Ohoiluk II dan Watngon II. 

“Setiap kelompok lomba itu panitia memilih satu juara untuk berlaga dalam babak final nanti,” imbuh Ronald.

Setelah berlomba, lima tim keluar sebagai finalis, yaitu LC Kompas 1, Wain 1, Rumadian, Watngon 1 dan Ohoiluk. Mereka akan bertanding pada babak final yang akan diadakan pada Minggu (9/10) pukul 13.00 WIT.

Di sela-sela babak final lomba dayung, akan diramaikan juga dengan Ngurbloat Beach Party (pesta pantai) bagi para peseta dan pengunjung.

Informasi yang dihimpun dari badan pengelola, pengunjung hari ini sekitar 4000an yang berdatangan sejak pagi hingga sore.

Memastikan event berjalan lancar

Sementara itu, Sekretaris Badan Pengelola Destinasi Wisata Ngurbloat Rio Ohoitimur menjelaskan, pihaknya akan memaksimalkan seluruh kesiapan selama event berlangsung.

“Setiap hari itu panitia bekerja keras sehingga setiap kategori lomba akan maksimal sesuai yang kami harapkan,” tambah Rio.

Untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi peserta lomba dan juga pengunjung dalam iven ini, panitia dan pengelola setempat (devisi keamanan) bekerja maksimal.

“Dari devisi keamanan cukup intens untuk bagaimana mengamankan lokasi kegiatan (lomba). Prinsipnya mereka (devisi kemanana) mobile di setiap titik di dalam lokasi destinasi wisata Ngurbloat dimana para pengunjung berada, sehingga benar-benar steril,” bebernya.

Selain itu, iven yang baru pertama kali digelar di Kepulauan Kei (khususnya dunia pariwisata) ini didukung penuh juga dari pemerintah ohoi setempat.

“Dukungan pemerintah ohoi Ngilngof sangat luar biasa dalam bersinergi dengan kami (pengelola dan panitia). Pasir panjang (Ngurbloat) merupakan satu kesatuan yang dimiliki oleh ohoi Ngilngof. Pemerintah Ohoi Ngilngof memberikan dukungan penuh dari pembukaan hingga penutupan iven Ngurbloat Beach Games 2022 ini,” pungkas Rio.

Editor: Labes Remetwa


Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU