Perdana! “Ngurbloat Beach Games 2022” di Wisata Pantai Pasir Terhalus Dunia

Badan Pengelola Destinasi Wisata Pantai Ngurbloat meluncurkan “Ngurbloat Beach Games 2022” atau Olahraga Pantai Ngurbloat. Event yang mendapat dukungan penuh dari Pemerintah Ohoi Ngilngof dan Kemendikbudristek RI ini, direncanakan menjadi kegiatan tahunan.


Langgur, suaradamai.com – Badan Pengelola Destinasi Wisata Pantai Ngurbloat Ohoi/Desa Ngilngof, Kecamatan Manyeuw, Kabupaten Maluku Tenggara, Maluku, meluncurkan event perdana bertemakan olahraga pantai.

Adalah “Ngurbloat Beach Games 2022”. Event ini terinspirasi dari kunjungan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI Sandiaga Uno pada puncak Festival Pesona Meti Kei (FPMK) 2021 di Ngurbloat, Oktober tahun lalu.

“Pada saat itu, Pa Sandiaga Uno punya impian agar Asia (World) Beach Games bisa diselenggarakan di Ngurbloat. Ketika kita cari di google, ternyata event ini 58 negara yang ikut. Dan tahun ini diselenggarakan di Bali,” ungkap Ketua Badan Pengelola Destinasi Wisata Ngurbloat Ronald Tethool dalam keterangan pers di Ngurbloat, Minggu (25/9/2022).

Sebab itu, Badan Pengelola Destinasi Wisata Pantai Ngurbloat, menurut Tethool, memanfaatkan branding “beach games” untuk mempromosikan Ngurbloat ke dunia internasional.

“Kita memadukan sport tourism dan budaya,” kata Tethool menjelaskan event Ngurbloat Beach Games 2022.

Adapun kegiatan yang akan diselenggarakan adalah lomba dayung sampan, lomba kreasi ukir pasir, lomba gerak jalan empang, lomba pentas seni dan budaya, lomba video kreatif, dan Pasar Ekonomi Kreatif (Ekraf).

Jadwal kegiatan Ngurbloat Beach Games 2022

Ngurbloat Beach Games 2022 diselenggarakan selama satu bulan penuh, mulai 1-30 Oktober. Sesuai temanya, semua kegiatan dibuat dalam bentuk lomba. Kecuali Pasar Ekraf.

Panitia menjadwalkan lomba dayung sampan sebagai pembuka event perdana yang bertemakan olahraga pantai tersebut, di pantai pasir terhalus dunia itu. Lomba dayung sampan dijadwalkan mulai 1-2 Oktober.

Selanjutnya, lomba kreasi ukir pasir pada 9 Oktober. Para peserta ditantang untuk membuat ukiran dari pasir tanpa alat bantu. “Bahan bakunya hanya pasir dan air. Temanya bebas. Kita kembalikan kepada peserta,” ungkap Tethool.

Selain itu, panitia juga mengangkat lomba tahun 90an masuk dalam Ngurbloat Beach Games 2022. Adalah Gerak Jalan Empang yang dijadwalkan 15-16 Oktober.

“Salah satu persyaratannya adalah wajib kolaborasi tarian tradisional dan modern,” tambah Tethool.

Selain itu, panitia juga membuka lomba pentas seni dan budaya Kei yang akan digelar ada 23 Oktober.

Semua kegiatan, sejak 9-23 Oktober, juga dijadikan sebagai lomba lewat lomba video kreatif. Para peserta ditantang mendokumentasikan lomba dalam bentuk video dan memadukannya dengan profil wisata Ngurbloat.

Video tersebut kemudian diunggah ke akun YouTube dan TikTok Ngurbloat. Pemenang lomba ditentukan berdasarkan jumlah like terbanyak.

“Siapa yang mendapat like terbanyak, dia yang juara. Hadiahnya kita siapkan. Hasil lombanya itu (diumumkan) tanggal 30 Oktober,” kata Tethool.

Tethool menambahkan, pihaknya juga mengundang seluruh pelaku ekonomi kreatif se-Kabupaten Maluku Tenggara untuk mengisi Pasar Ekonomi Kreatif (Ekraf) yang dibuka selama event berlangsung.

“Jadi semua kelompok ekraf di Maluku Tenggara kita undang. Kita kasih tempat, tidak dipungut biaya,” jelas Tethool.

Didukung Pemerintah Ohoi Ngilngof dan Kemendikbud Ristek RI

Ngurbloat Beach Games 2022 mendapat dukungan penuh dari Pemerintah Ohoi Ngilngof.

Penjabat Kepala Ohoi Ngilngof Andreas Resubun mengatakan pihaknya akan menggerakan seluruh kekuatan dalam masyarakat, baik anak-anak, pemuda, orang dewasa, sehingga mereka semua berpartisipasi mendukung dan menyukseskan kegiatan tersebut.

“Ini merupakan salah satu hal yang dapat menambah Pendapatan Asli Ohoi. Sehingga kami mendukung 100 persen, secara penuh,” kata Resubun.

Adapun dukungan yang diberikan lewat berbagai sisi, termasuk penganggaran.

Selain itu, menurut Resubun, event Ngurbloat Beach Games 2022 juga didukung oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) RI.

Ngilngof adalah satu-satunya desa di Provinsi Maluku yang ditetapkan oleh Kemendikbud Ristek menjadi desa budaya.

“Melalui seleksi, Desa Ngilngof ditetapkan menjadi desa budaya. Selama tiga tahun, sejak tahun lalu sampai tahun depan, ada banyak kegiatan kebudayaan di Ngilngof. Dan itu dibantu langsung dengan anggaran,” tambah Tethool.

Salah satunya adalah mengkolaborasikan kegiatan kebudayaan dari Kemendikbud Ristek dalam lomba seni dan budaya “Ngurbloat Beach Games 2022” yang akan digelar pada 23 Oktober.

Editor: Labes Remetwa


Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU