Maluku Utara, Daerah Paling Bahagia di Indonesia, Jokowi Ungkap Alasannya

“Ada survei baru saja saya baca, semua provinsi disurvei, ya paling bahagia di Maluku Utara,” kata Jokowi.


Jakarta, Suaradamai.com, – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut orang paling bahagia berada di Provinsi Maluku Utara lantaran pertumbuhan ekonominya 27%, sementara inflasi hanya 3,3%.

Hal tersebut diungkapkan Jokowi dalam Pertemuan Tahunan Bank Indonesia (PTBI) 2022, Rabu 30 November 2022, seperti disiarkan YouTube Sekretariat Kabinet.

“Ada survei baru saja saya baca, semua provinsi disurvei, ya paling bahagia di Maluku Utara,” kata Jokowi.

Menurut Jokowi, pencapaian itu tidak terlepas dari hasil kerja Gubernur Maluku Utara, Abdul Gani Kasuba. “Yang paling bahagia itu di Maluku Utara karena ya angkanya jelas 27% growth (ekonomi), inflasi 3,3% karena mungkin gubernurnya ustaz. Pak gubernur tenang, nggak pernah bicara, eh tahu-tahu 27%,” ujar Jokowi.

Jokowi lalu menceritakan pengalamannya saat berkunjung ke Ternate bulan lalu.

Jokowi mengaku sangat senang karena harga bahan-bahan pokok di Maluku Utara sangat stabil.

“Itu lah kenapa disebut bahagia jika di Maluku Utara,” terang Jokowi.

“Di Maluku Utara waktu saya ke Ternate sebulan yang lalu saya cek di pasar harga-harga itu sangat stabil. Saya cek ke BI berapa sih inflasi di Maluku Utara (ternyata) 3,3%. Gimana nggak senang rakyatnya, inflasi hanya 3,3%, pertumbuhan ekonominya 27%,” terangnya lagi.

Jokowi menambahkan, pertumbuhan ekonomi yang tinggi di Maluku Utara disebut karena kehadiran industri smelter sebagai wujud hilirisasi yang dijalankan pemerintah dalam beberapa tahun terakhir.

Jokowi lantas berpesan kepada gubernur agar jangan sampai salah kebijakan. “Jangan sampai salah policy sehingga investasi yang masuk ke sana menjadi terhambat,” pungkasnya.


Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU