Masuki Hari Raya Besar, Pemkab Malra Buka Gerakan Pangan Murah

Ikuti suaradamai.com dispot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Langgur, suaradamai.com – Menjelang Bulan Suci Ramadhan 1444 H, Hari Raya Paskah dan Hari Besar Keagamaan Pemerintah Maluku Tenggara melalui Dinas Ketahanan Pangan membuka kegiatan Gerakan Pangan Murah Maluku Tenggara (Malra) dalam menyikapi Stabilitasi pasokan dam harga pangan serta pengendalian inflasi di Malra.

Pembukaan kegiatan itu dilaksanakan di Halaman Kantor Dinas Kesehatan Pangan. Senin (3/4/2023) pukul 09.00 WIT.

Bupati Hanubun mengatakan Gerakan Pangan Murah ini sangat membantu meringankan beban masyarakat yang kurang mampu. Bagi masyarakat yang cukup mampu dan para pedagang diharapkan menahan diri untuk tidak berrbelanja dalm jumlah yang besar dengan tujuan dijual kembali.

Pada beberapa hari terakhir terdapat beberapa kebutuhan pangan pokok yang sedang mengalami kenaikan harga, Kata Bupati paling dikautirkan adalah kenaikan komoditi pangan yang berkontribusi dalam peningkatan inflasi seperti beras cabe dan ikan.

Bupati Hanubun meminta ASN, Stakeholder dan organisasi kemasyarakatan maupun BUMN turun ke masyarakat dimulai dari lingkungan terkecil seperti keluarga untuk mambangun ketahanan pangan masyarakat, seperti penyuluhan dan bimbingn pemenfaatan lahan pekarangan untuk ditanami sayur, atau tanaman pangan produktif yang selaij bernilai ekonomi tinggi mampu meningkatkan ketersedian pangan bagi keluarga.

Dalam kesempatan yang sama, Hanubun mengimbau para OPD lingkup pemkab Malra untuk turut membantu DInas Ketahanan Pangan dalam mengkampanyekan Gerakan B2SA (Beragam, Bergizi, seimbang dan Aman). sebagai upaya peningkatan gizi keluarga dalam rangka menekan stunting.

Diketahui Komoditi yang dipasarkan anatara lain:

  1. Ayam Kampung
  2. Ayam Ras
  3. Ayam Beku
  4. Telur Ayam Kampung
  5. Telur Ayam Rs
  6. Beras Medium
  7. Beras Premium
  8. Gula
  9. Minyak Kelapa
  10. Bawang Merah
  11. Bawang Putih
  12. Cabe
  13. Sayuran (Buncis Terong, Kangkung, Sawi dan Wortel)
  14. Ikan Momar Segar

Kegiatan Gerakan Pangan Murah ini dilaksanakan selama 4 (empat) hari mulai dari tanggal 3 April – 6 April 2023.

Pembukaan Gerakan Pangan Murah itu dihadiri Bupati Maluku Tenggara Muhammad Thaher Hanubun, Pimpinan beserta anggota DPRD Kabupaten Malra, Forum Kordinasi Pimpinan Daerah Malra, Sekda Malra, serta para Pimpinan Instansi Vertikal dan BUMN Malra.


Baca juga:

Ikuti suaradamai.com dispot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Ronald Tethool

Sosok inspiratif yang berhasil memajukan pariwisata Ngurbloat, Kepulauan Kei, Maluku.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU