Meningkatkan Kualitas SDM Pariwisata Lewat Pelatihan-Pelatihan

Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Maluku Tenggara (Malra) menggelar pelatihan pengembangan kompetensi SDM pariwisata dan ekonomi kreatif tingkat dasar.


Langgur, suaradamai.com – Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Maluku Tenggara (Malra) terus berupaya meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Pariwisata di Bumi Larvul Ngabal. Berbagai upaya pun dilakukan, salah satunya melalui pelatihan-pelatihan.

Kali ini, Dispar Malra menggelar pelatihan dengan judul pengembangan kompetensi SDM pariwisata dan ekonomi kreatif tingkat dasar.

Pelatihan berlangsung selama tiga hari, diawali dengan pembukaan di Gedung Serbaguna Anugerah Ohoijang, Rabu (3/8/2022), untuk hari pertama. Kemudian dua hari terakhir akan dilanjutkan di Cafe Lumba-Lumba, Ohoi Sathean, Kecamatan Kei Kecil.

Kegiatan ini melibatkan 35 orang peserta, berasal dari unsur kelompok sadar wisata (Pokdarwis), siswa, guru dan kepala sekolah, mahasiswa, dosen, dan pelaku pariwisata lainnya.

Para peserta mendapat teori, praktik membuat produk kerajinan dengan bahan baku lokal, hingga pemasaran hasil produksi.

Pada kesempatan kegiatan pembukaan tersebut, Bupati Maluku Tenggara dalam sambutannya yang dibacakan oleh Asisten III Bidang Administrasi Umum Martinus Mon, berharap melalui kegiatan ini dapat menciptakan kelompok kreatif yang tangguh, mandiri, dan berdaya saing.

Bupati menambahkan, kunjungan wisatawan ke Malra dalam dua tahun terakhir menurun drastis akibat pandemi. Bahkan tidak ada wisatawan manca negara yang datang. Sebab itu, ia meminta Dispar Malra untuk membuat berbagai kegiatan dan pelatihan dalam rangka menyiapkan SDM Pariwisata. Sehingga Malra bisa lebih siap menerima wisatawan.

“Pekan lalu, sudah ada kegiatan Wonderful Sail di Ohoi Danar, Kecamatan Kei Kecil Timur Selatan,” kata Bupati mengingatan bahwa aktivitas pariwisata berangsur normal.

Bupati juga meminta seluruh instansi pemerintah dan masyarakat untuk bersinergi membangun pariwisata Maluku Tenggara.

Editor: Labes Remetwa


Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU

error: Konten dilindungi!