Optimalisasi Sektor Perikanan, Pemkot Tual Salurkan Bantuan Sarana Prasarana

Bantuan diberikan kepada nelayan, pembudidaya, serta pemasar hasil perikanan.


Tual, suaradamai.com – Pemerintah Kota Tual terus mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat, khususnya para pelaku usaha perikanan. Upaya tersebut dilakukan dengan cara meningkatkan sarana prasarana guna mendorong efektivitas dan efisiensi pengelolaan sumber daya perikanan.

Melalui Dinas Perikanan, Pemkot Tual memberikan bantuan kepada nelayan, pembudidaya, serta pemasar hasil perikanan. Adapun bantuan tersebut antara lain, sarana penangkapan ikan berupa bagan apung sebanyak 1 unit; sarana distribusi hasil perikanan berupa kendaraan roda tiga sebanyak 4 unit; kebun bibit rumput laut, hatchery skala rumah tangga, serta mesin pakan ikan masing-masing sebanyak 1 paket; dan tambak ikan bagi pembudidaya.

Kepala Dinas Perikanan Kota Tual S. Laisouw dalam laporannya mengatakan, bantuan ini merupakan paket bantuan nelayan tahap pertama tahun anggaran 2020. “Pada akhir tahun ini kami juga akan serahkan beberapa paket bantuan pemberdayaan kepada kelompok pelaku usaha perikanan lainnya,” katanya pada acara penyerahan paket bantuan di depan Gudang Dinas Perikanan, Dusun Mangon, Kecamatan Dullah Selatan, Selasa (20/10/2020).

Pada acara yang sama, Wali Kota Tual Adam Rahayaan dalam sambutannya mengatakan, Tual memiliki potensi perikanan yang cukup besar yang harus dikelola secara baik. Bagaimana tidak, dari total luas wilayah sebesar 19.088,29 km2, 98,66% adalah perairan sedangkan daratan hanya 1,44%. Potensi perikanan tersebut meliputi ikan pelagis, ikan demersal, dan ikan karang, namun pemanfaatan dan pengelolaannya masih belum maksimal.

Adam memaparkan, sejak berdirinya berbagai jenis bantuan terus dikucurkan, baik bantuan yang sumber anggarannya dari pusat berupa Dana Alokasi Khusus maupun dari daerah yaitu Dana Alokasi Umum.

Di bidang penangkapan ikan, diberikan bantuan body fiber dan mesin tempel (15 PK dan 40 PK) beserta alat penangkapan ikan, bantuan bagan.

Di bidang budidaya diberikan bantuan benih ikan, sarana dan peralatan budidaya rumput laut, serta pengembangan teknologi budidaya berupa mesin pembuat pakan (makanan) ikan.

Di bidang pemasaran, diberikan bantuan sarana rantai dingin berupa freezer dan peralatan pemasaran berupa kendaraan roda tiga.

Di bidang pembangunan sumber daya manusia perikanan, juga terus diupayakan pelatihan Cara Budidaya Ikan yang Baik (CBIB) serta pelatihan pasca panen perikanan.

“Ini hanyalah sebagian upaya pemerintah daerah dalam upaya meningkatkan produksi perikanan untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat Kota Tual,” pungkas Wali Kota.

Editor: Labes Remetwa


Sejak berdirinya Kota Tual, berbagai jenis bantuan terus dikucurkan, baik bantuan yang sumber anggarannya dari pusat berupa Dana Alokasi Khusus maupun dari daerah yaitu Dana Alokasi Umum.

Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

ARTIKEL TERPOPULER

Tharob: Varietas Bawang Merah Tajuk Lebih Baik dan Cocok di Kei

Bawang merah varietas tajuk yang diproduksi di Kei memiliki ciri yang sama seperti di Nganjuk, Jawa Timur. Langgur, suaradamai.com...

Jalan Trans Pulau Kei Besar Resmi Jadi Proyek Prioritas Nasional

Selamat untuk seluruh masyarakat Maluku Tenggara. Kita tatap Maluku Tenggara yang lebih baik. Langgur/Jakarta, suaradamai.com – Kabar baik bagi...

Kerajinan Tangan Warga Ohoiren Perlu Inovasi

Kerajinan tangan lokal mulai mengalami kemunduran karena tidak ada inovasi. Langgur, suaradamai.com – Industri kreatif seperti kerajinan tangan...

Pemkot Tual Pulangkan 254 Pelaku Karantina: Terbanyak Mahasiswa

Wali Kota memanfaatkan kesempatan tersebut untuk menasihati pelaku karantina yang sebagian besar adalah pelajar mahasiswa.

KOMENTAR TERBARU

error: Konten dilindungi !!
× Ada yang bisa dibantu?