Pelaksanaan BIAN di Tual Kini Menyasar Anak Usia Sekolah

lmunisasi bertujuan melindungi anak dari berbagai penyakit, seperti difteri, tetanus, campak, rubella, dan polio.


Tual, suaradamai.com – Pelaksanaan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) tahun 2022 di Kota Tual yang sudah dimulai sejak bulan Mei lalu, masih terus berjalan. Kini, Dinas Kesehatan setempat menyasar sekolah-sekolah, baik PAUD, TK, maupun SD.

Pemberian imunisasi ini bertujuan memberikan perlindungan kesehatan berupa kekebalan tubuh, bagi anak usia sekolah, dari berbagai penyakit, terutama penyakit menular.

Kepala Bidang Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kota Tual Maswati Rumra menjelaskan, sesungguhnya BIAN adalah imunisasi rutin yang sudah berjalan setiap tahunnya, namun sempat terhenti akibat wabah Covid-19.

Kini, lanjut Rumra, pihaknya mulai kembali gencar dan fokus menjalankan progam BIAN tersebut. Sebab, menurut dia, sesuai data, ditemukan banyak anak usia sekolah PAUD, TK, dan SD di Indonesia, termasuk Kota Tual, tercatat belum mengikuti imunisasi rutin ini.

Dikira vaksinasi Covid-19

Rumra ungkap, salah satu kendala melaksanakan program BIAN ini adalah orangtua belum mengizinkan anaknya untuk diimunisasi. Menurut mereka, imunisasi ini sama dengan vaksinasi Covid-19. Sehingga banyak orang tua belum rela.

Kabar baiknya, bagi orangtua yang tahu atau diberi tahu lewat sosialisasi-sosialisasi, langsung mengikutsertakan anaknya dalam program tersebut.

“Sesungguhnya kalau kesadaran, semua orang tua mempunyai kesadaran untuk imunisasi itu ada. Cuma karena kebetulan saja ada Covid juga, sehingga mungkin pemahaman orang tua bahwa jangan sampai ini diberikan vaksin Covid, sehingga mereka masih ragu, masih trauma. Setelah kami memberikan sosialisasi, ternyata orang tua baru sadar dan menyetujui, bahkan menyerahkan anak-anaknya untuk segera diimunisasi,” ungkap Rumra kepada wartawan di Tual, baru-baru ini.

Rumra sangat mengharapakan peran serta dukungan dari semua pihak, terutama para orangtua. Sebab pemberian imunisasi pada anak terbukti dapat memberikan perlindungan dari berbagai penyakit, seperti difteri, tetanus, campak, rubella, dan polio. Selain itu, anak dengan status imunisasi dasar lengkap terbukti akan lebih sehat dan produktif.

Editor: Labes Remetwa


Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU