Pemerintah Kota Tual Dukung Penuh Festival Met Ev Tahayad ke-2

Festival Met Ev Tahayad diselenggarakan oleh Desa Yamru, Kecamatan Tayando Tam.


Tual, suaradamai.com – Pemerintah Kota Tual lewat Dinas Pariwisata (Dispar) setempat mendukung penuh pelaksanaan Festival Met Ev Tahayad ke-2 di Kecamatan Tayando Tam.

Festival Met Ev Tahayad (Tayando) merupakan agenda tahunan Desa Yamru Kecamatan Tayando Tam. Pertama kali dilaksanakan Oktober tahun 2020 lalu.

Kali ini, kegiatan yang akan dilaksanakan pada 21-23 Oktober itu mengambil tema “Lestari Budaya dan Ekosistem, Pariwisata Maju, Masyarakat Sejahtera”.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Tual Enggelina Heatubun mengatakan, tahun lalu Dispar Tual hanya memberikan dukungan berupa pematangan konsep kegiatan.

Tahun ini, lebih dari itu, Pemkot Tual juga mengalokasikan anggaran untuk mendukung pelaksanaan iven tersebut.

“Kami bersyukur ada desa punya insiatif. Dari Dinas Pariwisata, kami mendukung, dengan membenahi atraksi budaya yang ada di sana,” jelas Enggelina kepada Suara Damai di ruang kerjanya, Selasa (28/9/2021). 

Enggelina menambahkan, Festival kali ini akan berbeda dengan tahun lalu. Kalau tahun lalu, kegiatan tidak banyak variasi dan kurang konsep yang baik, kali ini pemerintah dan berbagai pihak akan bekerja keras menyuguhkan atraksi yang lebih matang.

Sesuai tema, menurut Enggelina, kegiatan dan lomba yang akan dilaksanakan seputar budaya dan lingkungan. Akan ada pameran, atraksi budaya, penanaman mangrove dan pohon, tarik tali atau wer warat, dan lain-lain.

Jadwal kegiatan yang lengkap akan disampaikan pada acara launching Festival Met Ev Tahayad awal Oktober mendatang.

Pemkot Tual, menurut Enggelina, menargetkan Tayando Tam menjadi salah satu destinasi yang memiliki daya saing, khusus wisata budaya/religi.

“Tayando dikenal sebagai awal masuknya Agama Islam di Kei. Di sana ada peninggalan kapal tua dari Arab, masjid tua, kuburan tua. Selain itu ditunjang dengan potensi alam lain,” jelas Enggelina.

Editor: Labes Remetwa


Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU