Pemkab Malra Sumbang Rp1 Miliar untuk Pembangunan Aula Seminari Langgur

Selain aula, Pemkab Malra juga menyumbang dana untuk pembangunan kamar mandi di asrama Seminari Santo Yudas Thadeus (SYT) Langgur.


Langgur, suaradamai.com – Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara menyumbang dana sebesar Rp1 miliar untuk pembangunan Aula Seminari Santo Yudas Thadeus (SYT) Langgur.

Hal itu dibijaki langsung oleh Bupati Maluku Tenggara M. Thaher Hanubun saat menyampaikan sambutannya pada acara peletakan batu pertama pembangunan Aula Multifungsi Seminari tersebut, Sabtu (14/5/2022).

Untuk diketahui, seminari merupakan tempat pembinaan para calon imam Katolik. Seminari Langgur memiliki sekolah tingkat SMP dan SMA, yaitu SMP Seminari Santo Yohannes XXIII Langgur dan SMA Seminari Santo Yudas Thadeus (SYT) Langgur. Seminari SYT Langgur adalah satu-satunya seminari tingkat SMA di Keuskupan Amboina (wilayah Maluku dan Maluku Utara).

“Tadi saya dengar (pembangunan aula) ini butuh … Rp1,5 miliar. Jadi nanti para alumni tanggung yang 5 (Rp500 juta), saya tanggung yang 1 (Rp1 miliar),” kata Bupati disambut tepuk tangan meriah.

Selain menyumbang untuk pembangunan aula berukuran 13 m x 34 m itu, Pemkab Malra juga akan menyumbang dana untuk pembangunan kamar mandi di sekolah katolik tersebut.

“Nanti juga saya siapkan cat beberapa kaleng. Nanti anak-anak (siswa) yang cat bagian depan (bangunan seminari),” tambah Bupati.

Sebelumnya, Ketua Panitia Pembangunan Aula Seminari SYT Langgur RD. Johanis (Jhon) Luturmas melaporkan, sekolah yang berdiri sejak tahun 1949 itu memerlukan beberapa sarana penting, seperti kamar mandi, laboratorium biologi dan bahasa, dan aula serbaguna yang multifungsi yang digunakan untuk tempat studi sore, studi malam, rekreasi, konferensi dan pertemuan-pertemuan.

“Selain urgensi kebutuhan akan sebuah aula multifungsi. Pembangunan (aula) ini juga ditempatkan dalam konteks perayaan pesta intan seminari, pesta 75 tahun berdirinya seminari yang akan dilaksanakan pada 28 Oktober 2024,” ungkap Luturmas.

Untuk diketahui, dalam acara tersebut alumni Seminari juga memberikan sumbangan, antara lain Uskup Diosis Amboina Mgr. Seno (Inno) Ngutra, Wakil Ketua DPRD Malra Yohanis Bosko Rahawarin, Anggota DPRD Malra Antonius Renyaan, Ketua Bappelitbanda Malra Bernadus Rettob, Orangkay Ohoi Langgur Hironimus J. S. Dumatubun, dan Wakil Uskup Wilayah Kei Kecil dan Kota Tual RD. Eko Reyaan.

Editor: Labes Remetwa


Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU