Pengelola Wisata Ngurbloat Siapkan Skema Hadapi Digitalisasi

“Kami akan memanfaatkan teknologi berbasis digital dalam pengelolaan, promosi, dan pemasaran bahkan memberikan kemudahan kepada wisatawan,” ujar Ronald.


Langgur, suaradamai.com – Kini berbagai upaya tengah dilakukan badan pengelola wisata Ngurbloat. Meski banyak manfaat bisa didapatkan, namun nyatanya banyak pula tantangan yang dihadapi di era digitalisasi.

Ketua Badan Pengelola Wisata Ngurbloat Ronald Tethool, menyatakan kesiapannya menghadapi revolusi industri 4.0. Berbagai upaya terus dilakukan pengelola dalam menggerakan perekonomian masyarakat melalui inovasi, adaptasi, dan kolaborasi.

Kepada media ini, Ronald membeberkan sejumlah strategi untuk mendorong kesiapannya menghadapi transformasi pada UMKM dan sistim retribusi serta sistim keamanan wisata.

“Kami akan memanfaatkan teknologi berbasis digital dalam pengelolaan, promosi, dan pemasaran bahkan memberikan kemudahan pelayanan kepada wisatawan,” ujar Ronald, Salasa (7/9/21).

Ronald mengaku, pihaknya akan mengaktifkan kembali Tourist Information Center atau pusat informasi turis.

Keberadaan pusat informasi turis di Ngurbloat bertujuan untuk memudahkan wisatawan pengguna layanan yang ingin mencari informasi seperti penginapan, tarif karcis, kuliner dan berbagai fasilitas lainya.

“Masyarakat yang ingin mengetahui pendapatan karcis pun, bisa mengakses itu,” jelas Ronald.

Selain itu, kata Ronald, setiap pengunjung akan terhubung dengan sistim GPS Ngurbloat, yang berfungsi bukan hanya soal keamanan wisatawan tetapi juga pelayanan prima.

Ronald mengaku optimis mewujudkan hal tersebut setelah terlibat dalam lomba desa wisata berbasis digital.

“Ngurbloat masuk tiga besar kategori desa wisata berbasis digital di tingkat Nasional. Dengan pengalaman itu, kami optimis mampu melakukan konsep digitalisasi di lokasi wisata Ngurbloat,” jelas Ronald.

Editor: Petter Letsoin


Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU