Peringatan Satu Tahun Berkarya, BSNE Suguhkan Hiburan Sastra Milenial

Salah satu penampilan yang menjadi sorotan adalah teater yang menceritakan tentang perjalanan Bengkel Sastra Nuhu Evav di Bumi Larvul Ngabal.


Langgur, suaradamai.com – Memperingati satu tahun berkarya, Bengkel Sastra Nuhu Evav (BSNE) menampilkan berbagai pertunjukan seni dan budaya Kei, di Gedung serbaguna Langgur, Senin (21/2/2022).

Salah satu penampilan yang menjadi sorotan adalah teater yang menceritakan tentang perjalanan Bengkel Sastra Nuhu Evav di Bumi Larvul Ngabal.

Pertunjukan itu dikemas dalam bentuk tarian milenial oleh para seniman yang tergabung dalam Kelas teater Komunitas BSNE, pimpinan Vinsensia Maturan, Ketua Bidang Pendidikan Sastra, BSNE.

Diceritakan, seorang musafir yang menjelajah dunia, dan melihat berbagi persoalan manusia yang penuh dengan kehancuran. Musafir akhirnya memiliki ide untuk membentuk komunitas sastra.

Ide itu menjadi nyata saat musafir Oppa Rudy Fofied bertemu Argonex yang merupakan seorang seniman. Mereka akhirnya melahirkan Bengkel Sastra Nuhu Evav, sebuah komunitas sastra yang bergerak untuk memuliakan manusia dan kebudayaan Kei.

Hiburan sastra ini menyuguhkan seni peran tokoh adat, tokoh agama, dan tokoh pemerintahan. Selain itu, sastra tua Leluhur juga diucapankan, dilantunkan, dan nyayikan dengan harmoni. Setiap pengunjung seperti dibawa kedalam memori masa lalu.

Tidak sampai disitu, ada lagi penyair Maluku yang mendunia, Eko Saputra Poceratu membuat seisi gedung gemuruh tepuk tangan dengan beberapa kalimat sapaan Bahasa Kei dan puisi khas Melayu Ambon. Sungguh sebuah pertunjukan kolaborasi yang membuat kerasan setiap orang yang datang ke acara peringatan satu tahun BSNE berkarya.

Editor: Petter Letsoin


Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU