Polres Tual akan Bikin Penyekatan Wilayah saat Malam Takbiran

“Lokasi-lokasi tertentu akan kami sekat, seperti yang dilakukan saat Natal dan Tahun Baru lalu” kata Kapolres.


Tual, suaradamai.com – Kepolisian Resor (Polres) Tual akan melakukan penyekatan wilayah saat malam takbiran Idul Fitri 1443 Hijryah di Kota Tual dan Kabupaten Maluku Tenggara.

Kapolres Tual AKBP. Dax Emanuelle Samson Manuputty mengatakan, hal tersebut dilakukan dalam rangka menjaga situasi Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) saat perayaan Idul Fitri.

Kapolres menambahkan, strategi ini sudah mereka lakukan saat Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 lalu. Strategi ini dianggap berhasil sehingga juga akan dilakukan saat Idul Fitri.

Penyekatan dilakukan dengan cara membatasi aktivitas masyarakat antar dua daerah, bahkan antar kecamatan.

“Lokasi-lokasi tertentu akan kami sekat. Dari Kabupaten Maluku Tenggara tidak boleh memasuki kawasan Kota Tual. Demikian juga dari Kota Tual tidak boleh masuk Maluku Tenggara,” kata Kapolres menjelaskan strategi penyekatan.

Kemudian, Polres juga akan melakukan penyekatan di setiap kecamatan. “Dari wilayah Kecamatan Dullah Utara tidak bisa masuk Kecamatan Dullah Selatan, begitupula sebaliknya,” tambah Kapolres mencontohkan.

Selain melakukan penyekatan. Polres Tual juga membatasi waktu konvoi. Kepolisian memberi waktu bagi masa yang berkonvoi saat malam takbiran, batas pukul 02.00 dini hari. Setelah itu masa dibubarkan agar bisa persiapan Sholat Id keesokan harinya.

Untuk diketahui, Polres Tual menggelar Operasi Ketupat Salawaku selama 12 hari, 28 April sampai 9 Mei. Dalam operasi ini, dikerahkan sebanyak 475 personil gabungan untuk pengamanan di wilayah Kota Tual dan Kabupaten Maluku Tenggara.

Personil gabungan terdiri atas 227 anggota Polres, 50 anggota Brimob, 100 anggota TNI, dan dukungan 97 personil instansi teknis lainnya.

Editor: Labes Remetwa


Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU