Polres Tual Gelar Apel Kesiapan Pengamanan Malam Takbiran Dan Idul Fitri

Dimalam takbiran, 441 personil gabungan TNI-POLRI dan Instansi terkait akan diturunkan untuk pengamanan dan pengaturan arus lalu lintas.


Tual, suaradamai.com – Kepolisian Resor (Polres) Tual menggelar apel kesiapan pengamanan malam takbiran dan hari raya Idul Fitri 442 Hijriah tahun 2021.

Kegiatan apel dilaksanakan bertempat di lapangan upacara Polres Tual pukul 16.30 WIT.

Apel pengamanan diikuti TNI angkatan udara, TNI Angakatan Darat, TNI Angakatan Laut, Satuan Brimob, Satuan kepolisian, Satuan Pamong Praja (Satpol PP), dan Dinas Perhubungan Kabupaten Maluku Tenggara dan Kota Tual.

Kapolres Tual AKBP Alfaris Pattiwael menyampaikan, secara umum situasi diwilayah Kota Tual dan Kabupaten Maluku Tenggara dalam keadaan aman dan terkendali sehingga dia menegaskan agar kondisi tersebut dapat dipertahankan dengan baik terlebih pada saat malam takbiran dan pengamanan saat hari raya idul Fitri.

Dia menambahkan, beberapa kemungkinan ancaman yang akan dihadapi saat tugas seperti masalah konsumsi minuman keras oleh masysrakat yang berpotensi terjadi kekerasan atau perkelahian.

“Pada tahun 2020 saya bersama rekan-rekan sekalian tentunya sukses menjaga keamanan. Tahun ini kita telah menyiapkan desain pengamanan berdasarkan hasil pelatihan Taktijal urgen beberapa waktu lalu yang akan digunakan,” jelas Alfaris.

Desain skema pengamanan yang dimaksud adalah skema Beat System atau menetapkan base.

Telah ditetapkan 23 beat atau pos tersebar di Kota Tual dan Kabupaten Maluku Tenggara. Nantinya, warga yang mengikuti malam takbiran akan melakukan kegiatan diseputaran beat yang telah ditetapkan untuk menghindari terjadinya kekacauan.

Dimalam takbiran, 441 personil gabungan TNI-POLRI dan Instansi terkait akan diturunkan untuk pengamanan dan pengaturan arus lalu lintas.

Kapolres ditemani Dandim 1503/Tual Mario Noya berharap operasi dapat berjalan lancar guna keamanan dan kenyaman bersama menyambut malam takbiran dan hari raya idul Fitri.

“Kita akan lihat situasi dan kondisi, jika arus lalu lintas terjadi peningkatan berindikasi akan terjadi keramaian, maka kami akan menutup jalur penghubung kota-kabupaten di jembatan watdek.” Tutup Kapolres.

Editor: Petter Letsoin


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU