PPKMB Polikant, Mahasiswa Dibekali Materi Kesiapsiagaan Bencana

“Kami membagi bencana menjadi tiga, yaitu bencana alam, bencana non-alam dan bencana sosial. Hal ini perlu diketahui oleh kita sekalian,”jelas Hamid.


Langgur, suaradamai.com – Politeknik Perikanan Negeri Tual (Polikant) gelar Masa Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB).

Para peserta PKKMB dibekali materi tentang kesadaran lingkungan dan kesiapsiagaan bencana di lingkungan kampus yang dibawakan oleh Abdul Hamid, Kepala Bidang kedaruratan dan logistik di Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tual, melalui zoom meeting, Senin (31/8/2021).

Saat pemaparannya, Hamid menjelaskan tujuan materi tersebut agar mahasiswa dapat belajar bagaimana cara menanggulangi, mengurangi resiko ketika terjadi bencana.

“Kami membagi bencana menjadi tiga, yaitu bencana alam, bencana non-alam dan bencana sosial. Hal ini perlu diketahui oleh kita sekalian,”jelas Hamid.

Mahasiswa baru juga dibekali tentang langkah-langkah penanggulangan bencana yang dibagi menjadi tiga tahapan, yaitu, prabencana, saat tanggap bencana, dan pasca bencana.

“Ada contoh upaya pencegahan bencana dan kesiapsiagaan mengahadapi bencana abrasi pantai yaitu membuat talud/pengaman pantai, menanam pohon mangrove dan pelarangan tambang pasir. Pengetahuan seperti ini sangat penting diketahui oleh mahasiswa sekalian,”tegas Hamid.

Ketua panitia PKKMB Polikant Tahun 2021 Hendro Hitijahubessy mengharapkan, pembekalan tersebut dapat bermanfaat, ketika mereka melakukan penelitian ataupun aktivitas lainnya di daerah ataupun cuaca yang berpotensi berbahaya.

“Disini mereka dikenalkan tentang jenis bencana alam, proses pencegahan dan penanggulangan bencana yang nantinya bisa mereka manfaatkan dengan baik ditempt mereka melakukan penelitian atau tinggal,” jelas Hitijahubessy.

Editor: Petter Letsoin


Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU