Selasa, April 7, 2020
Update Covid

Update CovidMaluku

Perkembangan terkini virus corona di Provinsi Maluku

Beranda Pemerintahan Rahayaan Lantik 140 PPTP Eselon II, III, dan IV Lingkup Pemkot Tual

Rahayaan Lantik 140 PPTP Eselon II, III, dan IV Lingkup Pemkot Tual

Pelantikan tersebut berdasarkan Surat Keputusan (SK) Wali Kota Tual Nomor 821.22SK0012020 KT tentang mutasi dan jabatan tinggi pratama.

Tual, suaradamai.com – Wali Kota Tual Adam Rahayaan melantik 140 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama (PPTP) eselon II, III dan IV di Aula Kantor Wali Kota Tual, Sabtu (11/01/20). Pelantikan tersebut berdasarkan Surat Keputusan (SK) Wali Kota Tual Nomor 821.22SK0012020 KT tentang mutasi dan jabatan tinggi pratama.

Dalam sambutannya Rahayaan mengatakan pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan itu bertujuan memantapan dan meningkatan kapasitas kelembagaan dalam membina karir pegawai.

Pengambilan sumpah jabatan bagi pejabat di setiap instansi pemerintah merupakan bagian dari kehidupan organisasi dalam rangka pemantapan dan peningkatan kapasitas kelembagaan serta merupakan bagian dari pola pembinaan karir pegawai.

Menurut Rahayaan, pengembangan karir pegawai tidak semata-mata untuk kepentingan pegawai yang bersangkutan, melainkan lebih diutamakan untuk melakukan pembenahan dan pemantapan organisasi dalam rangka meningkatkan kinerja penyelenggaraan tugas pelayanan publik agar tetap berjalan dengan baik, terutama dalam kaitannya dengan kegiatan prioritas pembangunan.

Sehubungan dengan proses pembinaan kepegawaian di Kota Tual, maka pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan mengacu pada Peraturan Pemerintah nomor 11 Tahun 2017 tentang manajemen pegawai negeri sipil yang merupakan tindak lanjut dari undang-undang ASN, sekaligus sebagai komitmen penyelenggaraan manajemen ASN.

Kata Rahayaan, penyelenggaraan manajemen PNS melalui peraturan pemerintah itu bertujuan untuk menghasilkan PNS yang profesional, memiliki nilai dasar dan etika profesi dalam rangka pelaksanaan tugas pelayanan publik serta tugas pemerintahan dan pembangunan.

Rahayaan akui selaku pejabat pembina kepegawaian, dirinya mempunyai kewenangan untuk menetapkan pengangkatan, pemindahan dan pemberhentian pegawai ASN dan pembinaan manajemen ASN di daerah sesuai ketentuan perundang-undangan.

Meskipun demikian ia tetap melakukan pertimbangan berdasarkan pada objektifitas, kepangkatan, kompetensi, kinerja, loyalitas, dan pengalaman tanpa membedakan gender, suku, agama, ras, dan golongan, yang tentunya sejalan dengan tim penilai kinerja kepegawaian. Hal itu sekaligus menjelaskan bahwa proses pengambilan keputusan dalam pembinaan pegawai sepenuhnya mengacu pada peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Di samping itu pula, pelantikan dan pengangkatan sumpah tersebut dimaksudkan untuk menindaklanjuti hasil evaluasi kinerja, penilaian kualifikasi dan kompetensi yang telah dilakukan beberapa waktu sebelumnya.

Pada akhir sambutan Wali Kota Rahayaan berpesan bagi pejabat pimpinan tinggi pratama agar melalui rotasi jabatan pada hari ini, telah mendapat rekomendasi dan persetujuan tertulis dari komisi aparatur sipil negara.

Ia juga tekankan bagi semua ASN bahwasannya jabatan adalah amanah, jabatan adalah kepercayaan. Untuk itu kepada pejabat yang baru dilantik khususnya yang mendapat promosi jabatan, Ia mengucapkan selamat bekerja dengan harapan mampu membuktikan kemampuannya dengan menunjukan prestasi kerja yang baik di masa yang mendatang. (danielmituduan/labesremetwa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

ARTIKEL TERPOPULER

Tinjau Tes CPNS, Bupati Malra: Cerdas Tapi Harus Teliti

“Cerdas tapi harus teliti dan kosentrasi dengan soal-soal yang ada. Sandarkanlah diri pada Tuhan,” ujar Bupati Malra M. Thaher Hanubun.

Tahun 2021, Warga Ohoi Wermaf Miliki Rumah Layak Huni

Pemerintah Ohoi (Desa) Wermaf tidak tanggung-tanggung mengalokasikan anggaran jumbo untuk rehab rumah warga. Elat,...

Inilah Hasil SKD CPNS Malra, Hari Ketiga

111 orang dinyatakan memenuhi passing grade. Langgur, suaradamai.com –  Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) bagi Calon Pegawai Negeri Sipil  di lingkungan...

Update Covid-19 Malra: Jumlah ODP dan PDP Masih Tetap

Tim melakukan penyemprotan disinfektan di tempat karantina dan rumah warga – 26 lokasi – di daratan Kei Kecil.

KOMENTAR TERBARU