Rakor Vaksinasi Covid: Bupati Minta Tim Satgas Siapkan Segala Hal dengan Baik

Ikuti suaradamai.com dispot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Sejak Maret 2020 hingga 24 Januari 2021, pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 di Malra sebanyak 162 orang.


Langgur, suaradamai.com – Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara menggelar rapat koordinasi persiapan pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 secara daring, Senin (25/1/2021).

Rapat dimulai pukul 09.00 WIT, diikuti oleh Bupati dan Wakil Bupati, asisten dan staf ahli, serta pimpinan OPD.

Mengawali sambutannya, Bupati Malra M. Thaher Hanubun menjelaskan kondisi pandemi Covid-19 di Malra.

Sejak Maret 2020 hingga 24 Januari 2021, kata Thaher, pasien terkonfirmasi positif Covid-19 sebanyak 162 orang, sembuh 101 orang, meninggal 9 orang, isolasi mandiri 17 orang, yang sementara dirawat di RSUD 11 orang, dan di Puskesmas Ngilngof sebanyak 26 orang.

Bupati Thaher menambahkan, vaksin dijadwalkan tiba di Malra besok, Selasa (26/1/2021) pukul 13.30 WIT melalui penerbangan udara wings air. Untuk itu, dia meminta dukungan pengamanan dari Polri dan TNI agar vaksin bisa diantar sampai ke instansi farmasi dan selanjutnya akan diedarkan ke puskesmas.

Kepada Dinas Kesehatan, Bupati berpesan untuk melakukan persiapan dengan baik. Pertama, sistem rantai pendingin (cold chain system), penyimpanan dan pengamanan untuk menjaga mutu vaksin maupun tenaga kesehatan yang bertugas sebagai vaksinator. Kedua, jadwalkan waktu dan tempat pelaksanaan vaksinasi perdana, dan ketiga, melakukan pendataan kelompok prioritas penerima vaksin serta validasi kebenaranya.

Bupati harap, segala hal yang berkaitan dengan vaksinasi diatur dan disiapkan dengan baik sehingga pelaksanaanya berjalan lancar.

“Laporkan secara berkala setiap tahapan persiapan agar jika ada kendala bisa segera diselesaikan,” tegas Thaher.

Sesuai arahan Satgas Covid-19 Provinsi Maluku, ada 3 kelompok yang akan mendapatkan vaksin perdana yang terbagi di dalam beberapa kelompok, yakni  kelompok 1 yaitu pejabat publik daerah yakni Bupati, Wakil Bupati, Sekda, Forkopimda, Kadis kesehatan dan Direktur RSUD. Kelompok 2, pengurus asosiasi profesi kesehatan dan Key Leader kesehatan daerah. Dan kelompok 3 yakni pimpinan organisasi keagamaan.

Kepala Dinas Kesehatan Malra dr. Ketty Notanubun mengatakan, vaksinasi perdana akan diberikan kepada 10 orang yang dilaksanakan di RSUD Karel Sadsuitubun Langgur pada tanggal 27 Januari 2021 nanti.

Editor: Labes Remetwa


Vaksin dijadwalkan tiba di Malra besok, Selasa (26/1/2021) pukul 13.30 WIT melalui penerbangan udara wings air.


Baca juga:

Ikuti suaradamai.com dispot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Ronald Tethool

Sosok inspiratif yang berhasil memajukan pariwisata Ngurbloat, Kepulauan Kei, Maluku.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU