Segera Tuntaskan Hak Nakes, DPRD Desak Pemerintah

DPRD Maluku mendorong Dinkes Maluku, untuk segera mengurus seluruh tunggakan-tunggakan yang berkaiatan dengan hak nakes, yang sampai hari ini belum diselesaikan. Kami berharap agar pembayarannya segera dilakukan sebelum tahun 2022,”tegas Sairdekut


Ambon, Suaradamai.com – Wakil Ketua DPRD Maluku, Melkianus Sairdekut mendesak Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku lewat Dinas Kesehatan untuk segera membayar hak tenaga kesehatan (nakes) pasca Covid-19 sebelum akhir tahun 2022, Senin (05-12-2022).

“DPRD Maluku mendorong Dinkes Maluku, untuk segera mengurus seluruh tunggakan-tunggakan yang berkaiatan dengan hak nakes, yang sampai hari ini belum diselesaikan. Kami berharap agar pembayarannya segera dilakukan sebelum tahun 2022,”tegas Sairdekut.

Menurutnya, yang namanya hak orang itu harus dibayar tidak bisa tidak, apalagi nakes yang bekerja saat itu yang menangani pasien covid disejumlah RS yang menerima pasien covid.

Terkait dengan anggaran tersebut, ditempat yang sama, wakil ketua Komisi IV, Rovik Afifudin mengakui, kalau anggaran untuk membayar hak nakes sudah tersedia, tinggal hanya menunggu juknis pembayaran.

“Kalau anggarannya sudah ada dan sudah masuk di rekening RSUD sejak bulan April atau Juli, namun yang jadi masalah adalah, persoalan mekanisme pembagiannya yang sempat jadi permasalahan yang belum selesai,”ujar Rovik

Akan tetapi hal itu  kata, Rovik, Komisi telah menyampaikan pikiran agar dalam proses pembagian dapat dilakukan secara adil dan merata, dengan melibatkan semua unsur yang ada di RS.

“Mungkin saja belum ada kesepakatan tentang sistim pembagian, tetapi kami tetap mendorong untuk segera dibayarkan, sesuai waktu dan azaz keadilan, sehingga jangan sampai ada orang yang bekerja digarda terdepan, mendapat yang tidak sesuai dengan keringat yang dikeluarkan,”tukasnya.

Diakuinya, kalau sebenarnya yang terjadi bukan soal berapa besar uang yang diterima, tapi soal penghargaan terhadap kerja orang.

“Uang bukan salah satu metologi cara mengukur kinerja orang, tapi penghargaan itu penting,”cetusnya


Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU