Sekolah Gratis bagi Siswa Berprestasi dan Miskin ala SMK Kasih Theresia Bombay

Di SMK Kasih Theresia Bombay, Pulau Kei Besar, siswa miskin mendapat pendidikan gratis. Siswa mampu yang berprestasi juga tidak bayar biaya administrasi sekolah.


Langgur, suaradamai.com – SMK Kasih Theresia Bombay, sekolah kejuruan pertama dan satu-satunya di Pulau Kei Besar Kabupaten Maluku Tenggara, telah membuka program beasiswa bagi siswa berprestasi dan siswa miskin.

Beasiswa yang diberikan bukan berupa uang tunai, tetapi berupa pendidikan bebas biaya administrasi sekolah. Siswa miskin mendapat pendidikan gratis. Siswa mampu (secara ekonomi) yang berprestasi juga tidak bayar uang sekolah.

Pendiri SMK Kasih Theresia Bombay Amon Fautngilyanan menjelaskan, pihaknya akan membuka dua kelas, di setiap jurusan di sekolah tersebut pada tahun ajaran 2022-2023 mendatang. Kelas yang dimaksud adalah kelas umum bagi siswa reguler dan kelas unggulan bagi siswa berprestasi.

Semua anak punya kesempatan yang sama untuk meraih beasiswa beprestasi dan belajar di kelas unggulan. Siswa miskin yang beprestasi maupun siswa mampu yang berprestasi punya tempat di kelas unggulan.

Keberadaan seorang siswa di kelas unggulan sangat tergantung dari prestasinya. Setiap semester, pihak sekolah akan mengadakan tes khusus untuk memutuskan apakah siswa tersebut masih layak di kelas unggulan atau tidak. Jika tidak, maka akan dipindahkan ke kelas umum.

Siswa yang berada di kelas umum juga punya kesempatan mendapat beasiswa prestasi dan belajar di kelas unggulan, asalkan ia rajin belajar dan berjuang sehingga bisa lulus tes beasiswa di setiap akhir semester.

Amon mengatakan, pihak sekolah berkomitmen akan berlaku adil bagi seluruh siswa. Siapa saja punya kesempatan untuk mendapat beasiswa miskin dan beasiswa prestasi di SMK Kasih Theresia Bombay.

Adapun syarat menjadi siswa berprestasi adalah wajib lulus tes akademik dan tes Bahasa Inggris yang diadakan oleh pihak sekolah saat awal masuk sekolah dan setiap semester berjalan.

Sementara beasiswa miskin diberikan bagi anak yatim piatu dan anak yatim atau anak piatu. Selain itu juga kepada lebih dari satu satu saudara kandung yang bersekolah di SMK Kasih Theresia.

Pendaftaran beasiswa prestasi dan miskin akan dimulai pada April mendatang. Gelombang pertama mulai 1 April sampai 13 Mei 2022. Sementara gelombang kedua mulai 19 Mei sampai 30 Juni 2022.

Meskipun masuk kategori sekolah yang masih sangat baru, Amon memastikan program beasiswa ini akan berjalan aman dan lancar. Sebab ia tidak mencari keuntungan lewat bisnis di dunia pendidikan. Bagi dia, pelayanan kepada masyarakat adalah yang utama.

“Semua dipastikan baik adanya,” pungkas Amon saat diwawancarai Suaradamai.com lewat telepon belum lama ini.

Amon harap, melalui program ini, dapat memberikan kesempatan sekolah bagi setiap anak. Amon punya target mengurangi angka putus sekolah yang tinggi di Kei Besar.

Beasiswa hingga kuliah

Amon mengatakan, pihaknya juga terus berupaya mencari jalan beasiswa di Perguruan Tinggi. Sehingga anak yang lulus dari SMK Kasih Theresia punya kesempatan kuliah dengan beasiswa.

SMK Kasih Theresia ditunjang dengan empat instruktur penerima beasiswa Australia Awards dan tiga orang guru mantan penerima beasiswa trisakti, yang terus mencari informasi tentang beasiswa untuk perguruan tinggi.

“Jadi ketika anak lulus, bisa langsung kerja dan lanjut kuliah. Lulusan SMK Kasih Theresia punya bekal ijazah, sertifikat kompetensi SMK, sertifikat bahasa Inggris, Komputer, dan public speaking,” papar Amon.

Editor Labes Remetwa


Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU