SMK Negeri 1 Malra Juarai Lomba Resensi Buku Polikant

Ikuti suaradamai.com dispot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Ada peningkatan jumlah peserta yang mengikuti lomba resensi buku tahun ini dibandingkan dengan tahun lalu.


Langgur, suaradamai.com – Dalam rangka memperingati 28 tahun bulan gemar membaca dan hari kunjung perpustakan, Politeknik Perikanan Negeri Tual (Polikant) menggelar lomba resensi buku.

Lomba yang bertujuan meningkatkan jumlah kunjung perpustakaan dan menumbuh-kembangkan kegemaran membaca dan menulis siswa dan mahasiswa itu, melibatkan mahasiswa Polikant dan siswa tingkat SMA/SMK se Kota Tual dan Kabupaten Maluku Tenggara.

Lomba digelar sejak September lalu. Baru pada 5 Oktober 2023, bertempat di Gedung Perpustakaan Polikant, penyelenggara mengumumkan hasil lomba sekaligus menggelar acara penutupan kegiatan literasi itu.

Sesuai laporan panitia, lomba resensi buku Polikant diikuti oleh 23 sekolah tingkat SMA/SMK dan mahasiswa dari 10 Program Studi (Prodi) di kampus Polikant. Total peserta berjumlah 30 orang.

Ancelina Maturbongs, dari SMK Negeri 1 Maluku Tenggara (Malra) keluar sebagai juara 1 lomba resensi untuk kategori SMA/SMK. Setelah Ancelina, ada Sri Wahyuni Rumaf dari SMA Negeri 1 Tual di urutan kedua. Kemudian posisi ketiga ditempati oleh Fahrunnisa Kobarubun dari Madrasah Aliyah Negeri Malra.

Ada juga juara harapan untuk kategori SMA/SMK, yakni juara harapan 1 diraih oleh Jefri Tamnge dari SMA Alhilal Kei Kecil. Dikuti, Ananda Crystalia Eka Putri dari SMA Sanata Karya Langgur, dan Siti Halima Atfal Tusiek dari SMK Negeri 2 Tual.

Sementara untuk tingkat mahasiswa di Polikant, Yuni Ashari Sanusi dari Prodi Agrowisata Bahari (AWB) meraih juara 1. Di urutan kedua ada Nurhayati Rahanyamtel dari Prodi Agribisnis Perikanan (AGP), dan Anggreni Sianturi dari Bioteknologi (Biotek) di posisi ketiga.

Direktur Polikant Jusron A. Rahajaan mengatakan, ada peningkatan jumlah peserta yang mengikuti lomba ini dibandingkan dengan tahun lalu. Meski demikian, jumlah 30 peserta ini pun bagi Rahajaan merupakan jumlah yang sangat minim.

Menurut Rahajaan, jumlah peserta yang masih sedikit ini menunjukkan bahwa siswa atau mahasiswa, bahkan masyarakat di Kepulauan Kei, belum memiliki minta baca yang baik.

Kedepan, Polikant akan terus menyelenggarakan lomba resensi buku. Rahajaan berharap animo siswa dan mahasiswa pada lomba selanjutnya lebih tinggi dan lomba lebih meriah lagi.

Editor: Labes Remetwa


Baca juga:

Ikuti suaradamai.com dispot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Ronald Tethool

Sosok inspiratif yang berhasil memajukan pariwisata Ngurbloat, Kepulauan Kei, Maluku.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU