Soal Pemindahan Lokasi Ambon New Port, Mumin Refra: Kami Tetap Mendukung Kebijakan Pempus

Ikuti suaradamai.com dispot_imgspot_imgspot_imgspot_img

“Meskipun ada wacana pemindahan lokasi di Seram dan Tual, tapi secara pasti saya belum tahu, tapi sejauh itu masih ada di Maluku, kami DPRD tetap akan mendukung progran Ambon New Port ,”ungkapnya.


Langgur, suaradamai.com РKetua Fraksi Pembangunan Bangsa DPRD Maluku, Mumin Refra menyoroti kebijakan pemindahan lokasi Ambon New Port.

Menurut Refra, pemindahan lokasi Ambon New Port oleh Pemerintah Pusat (Pempus), sejauh masih berada di wilayah Maluku harus bisa diperjelas.

“Semua itu kita kembalikan ke kebijakan nasional, karena kita tau lokasi Ambon New Port lokasinya di Negeri Waai, namun dengan berbagai pertimbangan dan pemerintah telah mengeluarkan kebijakan seperti itu, namun bagi kita yang penting itu ada di wilayah Maluku, pemerintah juga harus jelas,”tegas Refra pada awak media, Rabu (2/11/2021).

Sebagai anggota DPRD, kata Refra, dengan adanya Ambon New Port di Maluku, diharapkan ada manfaat positif dari program pemerintah bagi peningkatan kesejahteraan Perekonomian Maluku, khususnya Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) dan kabupaten/kota lainnya.

“Meskipun ada wacana pemindahan lokasi di Seram dan Tual, tapi secara pasti saya belum tahu, tapi sejauh itu masih ada di Maluku, kami DPRD tetap akan mendukung progran Ambon New Port ,”ungkapnya.

Ditanya soal alokasi anggaran pengembangan Ambon New Port yang tidak masuk dalam pembahasan APBN 2022, Refra mengatakan, meskipun kalau anggarannya tidak ada dalam pembahasan anggaran Nasional, namun karena Ambon New Port sudah menjadi kewenangan negara sudah pasti akan menjadi tanggungjawab pemerintah pusat.

“Karena ini adalah rana  Negara, maka sudah pasti dari pemerintah pusat di Jakarta, baik itu lewat investor nanti kita lihat saja, sejauh ada niat baik untuk Maluku,”ujarnya.

Sebagai orang Maluku, lanjut Refra sangat mendung program itu, sepanjang pemerintah punya niat baik untuk menurunkan program ini secara nyata, maka dirinya sangat yakin Pemda Maluku, termasuk DPRD dan seluruh rakyat Maluku menyambut dengan baik.

“Soal anggarannya nanti dari mana, itu nantinya urusan Pemerintah Pusat, asal jangan dikasih janji-janji saja buat orang Maluku, namun bagi kita proyek yang besar ini hendaknya jangan sampai merugikan daerah ini dari semua aspek,”cetusnya.

Tapi kata Refra, kalau dirinya sangat yakin bahwa dengan keberadaan Ambon New Port pasti akan berdampak positif bagi Provinsi Maluku. Pemerintah Pusat telah membuat janji dan pernyataan untuk Maluku akan dijadikan  sebagai Lumbung Ikan Nasional (LIN) dan lain-lainya, itu sudah dilakukan sehingga tinggal menunggu realisasinya.

Editor: Petter Letsoin


Baca juga:

Ikuti suaradamai.com dispot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Ronald Tethool

Sosok inspiratif yang berhasil memajukan pariwisata Ngurbloat, Kepulauan Kei, Maluku.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU