Jumat, Januari 15, 2021

Songsong Hari Sumpah Pemuda, KNPI Malra Adakan Lomba Perahu Layar

Lomba terbuka untuk semua orang. Bagaimana persyaratannya?


Langgur, suaradamai.com – Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Maluku Tenggara mengadakan lomba perahu layar menyongsong hari sumpah pemuda.

Selaku ketua panitia kegiatan, Abdolah Roroa mengatakan, lomba perahu layar ini bertujuan untuk melestarikan budaya Kei.

Baca juga: KNPI Malra Lakukan “Wisata Pemuda” di Air Terjun Weduar

Lomba ini, kata Dolan, sapaan akrab Abdolah, terbuka untuk semua orang. Pendaftaran di Sekretariat KNPI Malra yang berpusat di samping Delaer Honda Jln. Jenderal Soedirman Langgur.

Adapun syarat-syarat yang harus dipenuhi antara lain:

  1. Standar perahu layar dengan tinggi layar 3,5 m dan lebar 3 m.
  2. Ukuran perahu bebas.
  3. Peserta 2 orang dalam perahu layar, tanpa batasan usia.
  4. Biaya pendaftaran sebesar Rp 200.000 per kelompok.

Lomba akan dilaksanakan selama lima hari, 22 sampai 27 Oktober 2020. Lokasi start di depan Pengeringan Langgur dan finish di Jembatan Usdek.

“Panitia telah menyiapkan hadiah dengan toal hadiah untuk juara 1 sebesar Rp 7.500.000, juara 2 Rp 5.000.000, juara 3 Rp 3.500.000 dan seterusnya menyesuaikan hingga juara harapan 3,” kata Dolan ketika ditemui suaradamai.com di Sekretariat KNPI Malra, Rabu (23/9/2020).

Baca juga: KNPI Kibar Bendera Merah Putih di Puncak Ohoi Bombay

Menurut Dolan, kegiatan ini disponsori oleh Bank-bank, BUMN, BUMD, dan perusahaan-perusahaan yang ada di Kota Tual dan Kabupaten Malra.

Ketua DPD KNPI Malra Goliath Jaftoran menambahkan, peringatan 28 Oktober menjadi momentum bagi pemuda-pemudi Indonesia, termasuk di daerah untuk melestarikan budayanya. “Leluhur kita berlayar pakai perahu kayu seperti ini. Dengan lomba ini kita lestarikan dan kami berupaya sehingga lomba perahu layar menjadi event tahunan di Kei. Ini salah satu bentuk dukungan kita sebagai pemuda mendorong pariwisata di Kei,” jelas Goliath.

Pada puncak hari Sumpah Pemuda nanti, kata Goliath, akan digelar di Desa Wain, tepatnya SMK Migas Wain. Di situ juga akan dilakukan penyerahan hadiah. Alasan SMK Migas dipilih, lanjut Goliath, karena itu merupakan satu-satunya sekolah Migas di Malra yang menghasilkan SDM untuk Blok Massela nantinya.

Editor: Labes Remetwa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

ARTIKEL TERPOPULER

Tharob: Varietas Bawang Merah Tajuk Lebih Baik dan Cocok di Kei

Bawang merah varietas tajuk yang diproduksi di Kei memiliki ciri yang sama seperti di Nganjuk, Jawa Timur. Langgur, suaradamai.com...

Jalan Trans Pulau Kei Besar Resmi Jadi Proyek Prioritas Nasional

Selamat untuk seluruh masyarakat Maluku Tenggara. Kita tatap Maluku Tenggara yang lebih baik. Langgur/Jakarta, suaradamai.com – Kabar baik bagi...

Kerajinan Tangan Warga Ohoiren Perlu Inovasi

Kerajinan tangan lokal mulai mengalami kemunduran karena tidak ada inovasi. Langgur, suaradamai.com – Industri kreatif seperti kerajinan tangan...

Pemkot Tual Pulangkan 254 Pelaku Karantina: Terbanyak Mahasiswa

Wali Kota memanfaatkan kesempatan tersebut untuk menasihati pelaku karantina yang sebagian besar adalah pelajar mahasiswa.

KOMENTAR TERBARU