Rabu, Oktober 28, 2020

Tahun Ajaran Baru, Polikant Terapkan Kurikulum Merdeka Belajar di Dua Program Studi

Penggunaan kurikulum ini sesuai anjuran Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.


Langgur, suaradamai.com – Pada tahun ajaran baru ini, 2020-2021, Politeknik Perikanan Negeri Tual menerapkan kurikulum baru – Merdeka Belajar – di dua Program Studi.

Pembantu Direktur I Polikant Dani S. Royani menjelaskan, penggunaan kurikulum ini sesuai anjuran Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Polikant menerapkan kurikulum tersebut untuk mahasiswa baru di Prodi Agrowisata Bahari (AWB) dan Prodi Teknologi Kelautan (TKL).

Baca juga: Direktur Polikant Buka Pembekalan Magang Kerja Mahasiswa Diploma IV

Dalam penggunaan kurikulum tersebut, lanjut Dani, Polikant hanya mengambil atau menggunakan 1 dari 8 item, yakni magang atau belajar di luar lingkungan kampus. Alasannya karena butuh waktu yang banyak dan persiapan yang lebih matang untuk menerapkan semua kriteria.

“Dalam proses kuliah dimana ada 20 sks yang dimiliki, kami membagi contohnya 14 sks magang, 6 sks belajar. Ini dilakukan untuk memberikan pengalaman kerja bagi mahasiswa sehingga adanya bekal pengetahuan saat selesai kuliah nantinya. Dari sudut ini kita melihat proses belajar dari soft skill dan hard skillnya sehingga seimbang bagi mahasiswa,” papar Pudir yang menangani Bidang Akademik itu di ruang kerjanya belum lama ini.

Baca juga: Gegara Pandemi, Prodi TKL Polikant Tunda Magang Luar Daerah

Dani harap, kedepan mahasiswa lulusan Polikant bisa menjadi individu berkualitas dan bermanfaat bagi masyarakat.

Editor: Labes Remetwa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

ARTIKEL TERPOPULER

Pemkot Tual Pulangkan 254 Pelaku Karantina: Terbanyak Mahasiswa

Wali Kota memanfaatkan kesempatan tersebut untuk menasihati pelaku karantina yang sebagian besar adalah pelajar mahasiswa.

Jalan Trans Pulau Kei Besar Resmi Jadi Proyek Prioritas Nasional

Selamat untuk seluruh masyarakat Maluku Tenggara. Kita tatap Maluku Tenggara yang lebih baik. Langgur/Jakarta, suaradamai.com – Kabar baik bagi...

Tharob: Varietas Bawang Merah Tajuk Lebih Baik dan Cocok di Kei

Bawang merah varietas tajuk yang diproduksi di Kei memiliki ciri yang sama seperti di Nganjuk, Jawa Timur. Langgur, suaradamai.com...

Kerajinan Tangan Warga Ohoiren Perlu Inovasi

Kerajinan tangan lokal mulai mengalami kemunduran karena tidak ada inovasi. Langgur, suaradamai.com – Industri kreatif seperti kerajinan tangan...

KOMENTAR TERBARU