Tingkatkan Layanan Kesehatan, Gubernur Murad Resmikan Gedung Laboratorium Medis Kimia Farma Cabang Ambon

Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Gubernur Maluku Murad Ismail, Direktur Utama PT. Kimia Farma Diagnostika drg. Ardhy Nugrahanto Wokas dan anggota DPR RI Hendrik Lewerissa.


Ambon, Suaradama.com  – Gubernur Maluku Murad Ismail, meresmikan Gedung Laboratorium Medis Kimia Farma Cabang Ambon, Selasa, (4/10/2022). Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Gubernur Maluku Murad Ismail, Direktur Utama PT. Kimia Farma Diagnostika drg. Ardhy Nugrahanto Wokas dan anggota DPR RI Hendrik Lewerissa.

Gubernur di kesempatan ini mengatakan, pembangunan bidang kesehatan, tidak hanya menjadi tugas dan tanggung jawab pemerintah, tapi juga kewajiban seluruh pemangku kepentingan dan masyarakat.

Bila mencermati tipologi wilayah kepulauan Maluku, permasalahan pembangunan bidang kesehatan sangatlah kompleks, dimana akses transportasi, komunikasi dan informasi yang sangat terbatas. Keterbatasan inilah yang menyebabkan pelayanan kesehatan belum sepenuhnya menjangkau seluruh masyarakat.

“Ini merupakan tantangan bagi pemerintah daerah dan seluruh pemangku kepentingan, untuk terus memperjuangkan dan meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan bagi masyarakat di Provinsi Maluku,” kata Gubernur.

Menurut kepala daerah, peresmian Laboratorium Klinik ini merupakan langkah maju untuk menyediakan fasilitas pelayanan kesehatan yang prima bagi masyarakat. Ia pun menyampaikan terima kasih dan memberikan apresiasi kepada Direktur Utama PT. Kimia Farma Diagnostika drg. Ardhy Nugrahanto Wokas dan jajaran, yang telah membuka laboratorium sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas kesehatan di Maluku.

Kontribusi PT. Kimia Farma tersebut, sambung Gubernur, sejalan dengan komitmen pemerintah daerah untuk mewujudkan peningkatan kualitas kesehatan yang memadai bagi masyarakat Maluku.

“Berharap, keberadaan laboratorium dapat menjadi mitra kerja strategis pemerintah daerah dan kabupaten kota se-Maluku, dalam menyediakan pelayanan kesehatan dengan rasio biaya yang dapat dijangkau kemampuan masyarakat,” harap Gubernur.

Ditempat yang sama, selaku perwakilan dari BUMN dan PT. Kimia Farma, Direktur Utama PT. Kimia Farma Diagnostika drg. Ardhy Nugrahanto Wokas berkomitmen, memberikan kontribusi yang bermanfaat bagi kemaslahatan masyarakat Maluku. Dan salah satu kontribusi tersebut, adalah adanya gedung Laboratorium Klinik.

“Dan hari ini kami buktikan, dengan diresmikannya laboratorium klinik yang akan memberikan layanan dengan paket yang komplit, layanan laboratorium medis yang

pemeriksaan sebelumnya masih dilakukan masyarakat di Makassar. Kita datangkan kesini. Kita berikan akses kepada masyarakat, sehingga bisa menjamin layanan kesehatan menjadi lebih baik,” terang Ardhy.

Menurutnya, diresmikannya laboratorium tersebut sebagai fungsi, bila BUMN harus hadir di setiap pelosok daerah, termasuk kawasan yang belum pernah mendapat pelayanan kesehatan dari pemerintah maupun swasta.

“Harapan kami, kerjasama, kolaborasi dan sinergi yang dilakukan BUMN, pemerintah daerah, TNI/Polri, tetap terjaga,” harap Ardhy.

Acara kemudian dilanjutkan dengan peninjauan gedung, yang diawali pengguntingan pita oleh Gubernur.

Sebagai informasi, Kimia Farma merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang farmasi atau health care company tertua Indonesia. Sebagai perusahaan farmasi, Kimia Farma memproduksi berbagai macam obat untuk memenuhi dan menjamin kesehatan warga Indonesia.

Selain memproduksi produk obat, Kimia Farma juga mendistribusikan obat melalui jaringan apotek dan klinik kimia farma yang tersebar diseluruh wilayah Indonesia.

Untuk Laboratorium Medis Kimia Farma Cabang Ambon sendiri, melayani pemeriksaan kolesterol, gula darah, anti HIV,  mendeteksi penyebab demam berdarah.

Sedangkan KF Home Care melayani pelayanan visit & konsultasi dokter, vaksinasi bayi & dewasa, rawat luka umum & diabetes, layanan tes laboratorium, PCR /  antigen & fisioterapi, perawatan home visit dan mom & baby care. 


Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU