Uskup Mandagi dan Bupati Malra Resmikan Gedung Gereja Stasi Ngilngof

Gereja Santa Maria Stasi Ngilngof merupakan salah satu gedung gereja termegah di Kepulauan Kei.

Langgur, suaradamai.com – Uskup Diosis Amboina Mgr. Petrus Canisius Mandagi, MSC dan Bupati Maluku Tenggara M. Thaher Hanubun meresmikan gedung Gereja Santa Maria Stasi Ngilngof, Paroki Namar, Maluku Tenggara, Senin (6/1/20).

Peresmian gereja ditandai dengan dibunyikan sirene oleh Yang Mulia Uskup Mandagi, Bupati Malra serta Bupati Mappi Kristosimus Yohanes Agawemu. Selanjutnya, Uskup Mandagi dan Bupati Hanubun membubuhkan tanda tangan di atas prasasti.

Kepala tukang, ketua Panitia, dan Pastor Paroki Namar kemudian menyerahkan kunci kepada Yang Mulia Uskup Mandagi. Pimpinan umat Katolik Wilayah Keuskupan Amboina ini langsung membukakan pintu gereja.

Sukacita tampak saat gedung gereja yang megah itu dibuka.

Sebelum pemberkatan dan peresmian, rombongan Uskup Mandagi bersama Bupati Thaher Hanubun disambut dengan ritual adat dan pengalungan bunga serta salendang khas Kei. Sang Uskup kemudian ditandu dan diarak menuju gedung gereja dengan iring-iringan musik dan tarian adat masyarakat setempat.

Semua umat dan masyarakat yang hadir sangat antusias dan gembira menyambut kehadiran Yang Mulia Uskup Mandagi. Sambil bernyanyi dan menari, para penari begitu semangat mengarak sang Uskup bersama rombongan, meski dihantam teriknya panas matahari.

Tonton video ritual adat “rinin” jelang peresmian: