Walikota Tual Sampaikan Pengantar Nota Keuangan Rancangan APBD-P Tahun Anggaran 2021

Lebih lanjut Walikota menjelaskan, penyesuaian pembiayaan pada APBD perubahan 2021, difokuskan pada penerimaan pembiayaan, yaitu penyesuaian hasil audit badan pemeriksa keuangan (BPK) perwakilan provinsi Maluku, atas laporan pertanggungjawaban pelaksanaan APBD kota Tual tahun 2021.


Tual, duaradamai.com – Penandatanganan dan Penyerahan Dokumen KUA/PPAS (Kebijakan Umum Anggaran & Prioritas Plafon Anggaran Sementara) Perubahan APBD Kota Tual Tahun Anggaran 2021 dari Pemerintah Daerah Kota Tual diwakili langsung WaliKota Tual, Adam Rahayaan kepada Ketua DPRD Kota Tual, Hasan Syarifudin Borut, bertempat di Ruang Utama Paripurna DPRD Kota Tual, Senin ( 20/9/2021).

Dalam penyampaian pengantar nota keuangan rancangan APBD-P tahun anggaran 2021, Walikota menyampaikan kondisi umum perubahan pendapatan daerah kota Tual, sebagaimana tertuang dalam APBD perubahan tahun anggaran 2021, yang mengalami penurunan sebesar Rp 14.201.022.273, yang berarti turun sebesar 1,97% dari asumsi pendapatan daerah yang semula, yaitu Rp 734.695.351.900.

Lebih lanjut Walikota menjelaskan, penyesuaian pembiayaan pada APBD perubahan 2021, difokuskan pada penerimaan pembiayaan, yaitu penyesuaian hasil audit badan pemeriksa keuangan (BPK) perwakilan provinsi Maluku, atas laporan pertanggungjawaban pelaksanaan APBD kota Tual tahun 2021.

Dijelaskan, penyesuaian sisa lebih perhitungan anggaran (Silpa) sebesar Rp 49.841.633.453.63 atau mengalami peningkatan sebesar 41, 36% dari pagu anggaran silpa APBD induk tahun 2021, yaitu 29.228.657.40,  pengeluaran pembiayaan daerah pada APBD perubahan 2021 tidak terdapat penyesuaian anggaran dengan alokasi sebesar enam triliun rupiah.

Walikota juga menegaskan bahwa pemerintah daerah dan DPRD kota Tual memiliki komitmen yang sama, untuk mewujudkan tata kelola keuangan daerah yang berkualitas, sesuai ketentuan perundangan yang berlaku.  Komitmen ini hanya akan terwujud apabila entitas akuntansi dan entitas pelaporan di lingkungan Pemkot Tual, bekerja profesional dan proporsional, sesuai tugas pokok dan fungsi masing-masing, serta membangun komunikasi yang elegan, sebagai team work untuk saling mengisi, guna mengolaborasi kinerja konstruktif, dalam penyelenggaraan pemerintahan pembangunan dan pelayanan masyarakat.

“Pada kesempatan yang baik ini saya menyampaikan apresiasi kepada pimpinan dan anggota DPRD, atas kerjasama konstruktif yang telah terbangun, semoga hubungan check and balance yang telah terbangun baik antara kedua mitra penyelenggara pemerintah daerah ini, tetap terjaga guna mewujudkan otonomi daerah yang bersih,” ungkap Walikota.

Walikota menambahkan, update nota keuangan tentang perubahan APBD kota Tual tahun anggaran 2021, akan dibahas lebih lanjut sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku, antara tim anggaran pemerintah daerah (TAPD) dan badan anggaran (Banggar) DPRD kota Tual.

“Kami yakin dan percaya melalui kerjasama yang baik dan harmonis,  kita mampu membahas dan menetapkan perubahan APBD tahun 2021, sesuai dengan kebutuhan pembangunan, dan penyelenggaraan pemerintah, serta sesuai dengan ketentuan administrasi pengelolaan keuangan daerah,” jelas Walikota.

Rancangan perubahan anggaran pendapatan dan belanja daerah kota Tual tahun 2021, merupakan bagian integral dari siklus anggaran dalam satu tahun anggaran, yang disusun dan diusulkan oleh pemerintah kota Tual kepada DPRD kota Tual, guna dibahas dan ditetapkan bersama menjadi peraturan daerah.

Editor: Petter Letsoin


Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU