ASN dan Warga Mulai Lanjut Tanami “Ve’e Kes Yang” Tahap Dua

Ikuti suaradamai.com dispot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Pemerintah berharap penanaman kali ini bukan saja untuk memenuhi kebutuhan pangan, tetapi juga untuk meningkatkan pendapatan.


Langgur, suaradamai.com – Atas instruksi Bupati, ASN Pemkab Maluku Tenggara dan masyarakat mulai lanjut tanami “Ve’e Kes Yang” depan Kantor Bupati.

Penanaman tahap kedua ini lebih besar. Lahan yang sebelumnya hanya 11 hektar, diperluas lagi ke arah gedung Kantor Bupati – data lengkap luasan lahan masih sementara dihitung oleh Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) setempat.

Rencana pemerintah, penanaman kali ini difokuskan untuk meningkatkan pendapatan warga yang berkebun di Ve’e Kes Yang.

Adapun warga yang terlibat berjumlah (sementara) 50an orang.

Sementara itu, Kepala Bidang Ketersedian dan Distribusi Pangan DKPP Malra Apolinaris Yaftoran menyatakan, keterlibatan ASN pada penanaman kali ini adalah sebagai motivator bagi petani untuk tetap semangat berkebun.

Menurutnya, keterlibatan ASN pada penanaman pertama berdampak positif. Banyak petani di Kei Kecil maupun Kei Besar mulai menyiapkan lahan untuk kebutuhan pangan di masa Pandemi.

Hasil kebun yang ditanami ASN juga akan didistribusikan kepada orang yang tidak mampu, daerah lokus stunting, panti asuhan.

Apolinaris menambahkan, Kadis DKPP Malra mendorong stafnya untuk terus melakukan pendampingan untuk meningkatkan produktivitas.

“Perlahan-lahan ini (lahan “Ve’e Kes Yang” akan dialihkan ke masyarakat. Tetap berkelanjutan,” katanya.

Editor: Labes Remetwa


Baca juga:

Ikuti suaradamai.com dispot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Ronald Tethool

Sosok inspiratif yang berhasil memajukan pariwisata Ngurbloat, Kepulauan Kei, Maluku.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU