Bupati Malra Harapkan Sinergitas Antara Toga, Toma, dan Pemda

Bupati ingin membangkitkan kembali semangat kebersamaan yang dilakukan leluhur Kei.


Langgur, suaradamai.com – Bupati Maluku Tenggara Muhammad Thaher Hanubun berharap adanya kerja sama yang baik antar tokoh masyarakat (toma), tokoh agama (toga) dan pemerintah daerah dalam membangun Gedung Gereja Elim Jemaat GPM Ohoidertawun.

“Saya sudah mengatakan berulang kali bahwa pemerintah punya rakyat, raja dan tuan adat punya masyarakat adat, begitupula para tokoh agama punya umat. Jika bergabung, maka pasti, puji Tuhan, insya Allah, daerah Malra ini aman,” ujar Bupati saat menghadiri pengecoran Gedung Gereja Elim Jemaat GPM Ohoidertawun, Kamis (2/7/2020).

“Cita-cita para tokoh agama adalah membangun sarana rumah ibadah. Namun harus membutuhkan uluran tangan dan kerja sama pemerintah untuk membantu,” tambah Bupati memberikan contoh.

Bupati menambahkan, semangat kebersamaan orang tua-tua/leluhur Kei harus dibangkitkan kembali dalam kehidupan saat ini. Tradisi kerja sama atau maren, harus diwujudkan dalam kerja-kerja nyata.

“Di kampung saya (Danar), Masjid yang sekarang di kampung kami itu bukan saja dikerjakan oleh orang Muslim saja, tapi bercampur semua orang,” “Sehingga semangat itu saya bangkitkan kembali, supaya kau adalah saya dan saya adalah kau, kita berbeda dalam keyakinan tetapi kita harus bekerja sama dalan hal apa saja kita harus bisa,” ujar Bupati.

Dalam hal pembangunan Gedung Gereja Elim Elim Jemaat GPM Ohoidertawun, Bupati minta seluruh masyarakat terlibat membantu panitia dan para tukang, bekerja mempercepat penyelesaian bangunan gereja.

Editor: Labes Remetwa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU