Daftar Atlet PON XX dan PEPARNAS XVI yang Terima Bonus dari Pemprov Maluku

“Saya minta, kepada pelatih-pelatih tolong direkrut lagi anak-anak kita. Luar biasa sebenarnya,” ujar Gubernur.


Ambon, suaradamai.com – Pemerintah Provinsi Maluku melalui Dinas Pemuda dan Olahraga, menyelenggarakan acara Syukuran dan Penyerahan Piagam Penghargaan serta Pemberian Bonus kepada para atlet dan pelatih yang berprestasi di ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX dan Pekan Paralimpic Nasional (PEPARNAS) XVI Papua Tahun 2021. Acara tersebut berlangsung di lantai tujuh Kantor Gubernur, Jumat (3/12/2021).

Gubernur Maluku Murad Ismail mengaku, merupakan suatu kebanggaan dan kebahagiaan baginya, dapat hadir di acara tersebut. Ia hadir untuk memberikan apresiasi dan penghargaan yang tinggi dari pemerintah dan masyarakat Maluku kepada pahlawan olahraga (atlit dan pelatih) yang telah mengharumkan nama daerah.

“Demi Allah saya terharu, dengan jumlah atlet yang luar biasa sedikit, tapi bisa memberikan nama harum Maluku. Di sisa hidup, saya ingin ada sesuatu yang saya buat buat Maluku secara keseluruhan dan ada manfaat yang bisa saya buat untuk daerah ini. Juga Maluku bisa bersaing dengan provinsi lain. Hanya itu, tidak ada yang lain,” kata Gubernur.

Kepala daerah pun mengucapkan selamat kepada para peraih medali emas, perak dan perunggu. Ia menginginkan, di PON ke-21 dan Peparnas ke-17 yang diselenggarakan di Provinsi Aceh dan Sumatera Utara, prestasi atlit Maluku bisa jauh lebih baik.

“Saya minta, kepada pelatih-pelatih tolong direkrut lagi anak-anak kita. Luar biasa sebenarnya,” ujar Gubernur.

Gubernur berharap, pembagian bonus ini memberikan semangat dan motivasi, sehingga para atlit dan pelatih akan berjuang lebih keras lagi kedepannya, demi prestasi yang lebih tinggi dan membanggakan untuk Maluku.

“Pembinaan para atlit pun harus ditingkatkan. Jangan sia-siakan waktu. Kita mulai dari sekarang. Tak ada waktu untuk bermalas-malasan. Ayo terus berlatih karena jalan masih panjang. Manfaatkan sarana dan prasarana yang telah ada, untuk meraih prestasi yang lebih baik,” harapnya.

Gubernur mengaku bangga kepada para atlit dan semua pihak terkait. Mereka dinilai telah berjuang untuk provinsi Maluku, sembari terus mengejar pundi-pundi emas pada event berikutnya. Mereka juga diingatkan untuk tidak berpuas diri, melainkan terus menunjukan prestasi lebih tinggi dan mampu meraih prestasi di event selanjutnya.

“Atas nama pemerintah daerah dan masyarakat Maluku, kami sampaikan penghargaan dan terima kasih yang luar biasa kepada KONI, Nasional Paralimpik Komite, pimpinan kontingen Pengurus Cabang Olahraga, para pelatih, official serta para atlit atas kesuksesan prestasi yang diperoleh pada PON XX dan Peparnas XVI Papua,” tutup Gubernur.

Atlet penerima penghargaan dan bonus

Diketahui, tiga atlet PON XX Papua penerima bonus dari Gubernur Maluku secara simbolis adalah Alvin Tehupeiory dari cabang olahraga Atletik, peraih medali emas, menerima bonus senilai Rp200 juta. Disusul Welmi Pariama dari cabang olahraga Tinju, peraih medali perak, menerima bonus senilai Rp150 juta. Sedangkan Yulia Tomasoa dari cabang olahraga Muaythay, peraih medali perunggu, menerima bonus senilai Rp100 juta.

Sementara tiga atlet PEPARNAS XVI Papua penerima bonus dari kepala daerah secara simbolis adalah Barce. E Layaba dari cabang olahraga Tenis Meja, peraih medali emas, menerima bonus senilai Rp200 juta. Disusul C. Misael Ruhulessin dari cabang olahraga Atletik, peraih medali perak, menerima bonus senilai Rp150 juta. Sedangkan Nyong Wally dari cabang olahraga Renang, peraih medali perunggu, menerima bonus senilai Rp100 juta.

Secara umum, bonus yang diberikan Pemprov Maluku kepada para atlet PEPARNAS XVI Papua, yakni lima atlet cabang olahraga Tenis Meja senilai Rp700 juta, lima atlet cabang olahraga Renang senilai Rp600 juta, tiga atlet cabang olahraga Atletik senilai Rp450 juta, satu atlet cabang olahraga Menembak senilai Rp150 juta.

Sedangkan bonus untuk para atlet PON XX Papua untuk cabang olahraga Dayung: Memo, peraih medali emas (Single Sculls M1X Putra) mendapat bonus Rp200 juta.

Memo dan Asuhan Pattiha, peraih medali emas (Double Sculls M1X Putra), mendapat bonus Rp200 juta. Chelsea Corputty, peraih medali emas (Light Weight Single Sculls LW2X Putri), mendapat bonus Rp200 juta.

Chelsea Corputty, Arni Siva Pattipeilohhy, Maria Florensia Bahy dan Issa Behuku meraih medali perak (Quadraple Sculls W4X Putri), mendapat bonus Rp150 juta.

Chelsea Corputty dan Arni Siva Pattipeilohhy meraih medali perak, (Light Weight Double Sculls LW2X Putri), mendapat bonus Rp150 juta.

Maria Florensia Bahy dan Arni Siva Pattipeilohhy meraih medali perunggu, (Double Sculls M1X Putra) mendapat bonus Rp100 juta.

Sedangkan untuk cabang olahraga Tinju; Yulius Frando Lumoly (Emas), kelas 52-56 Kg Putra, mendapat bonus Rp200 juta. Welmy Pariama (Perak), kelas 60-64 Kg Putri, mendapat bonus Rp150 juta.

Novi Sahuleka (Perunggu), kelas 49-52 Kg Putra, mendapat bonus Rp100 juta. Kemudian Cabang olahraga Muathay: Chintana Difinubun (Perunggu), kelas 60 Kg Putri, Rp100 juta. Yulia Tomasoa (Perunggu), kelas 54 Kg Putri, Rp100 juta.

Atletik: Alvin Tehupeiory (Emas), lari 400 meter gawang putri, Rp200 juta. Selam: Astrid Marsella Teng (Perak), 5 Point Course Laut Putri, Rp150 juta. Karate: Hengky. H Berhitu (Perunggu), Kumite-Under 55 Kg Putra, Rp100 juta. Kempo: Moh. Yamin Rahayaan (Perunggu), Rondari 70 Kg Putra, Rp100 juta.

Acara penyerahan bonus itu dihadiri Plh. Sekda Maluku Sadali Ie, Kadis Pemuda dan Olahraga Sandi Wattimena, Rektor Unpatti Ambon Saptenno, Kakanwil Kemenag Maluku Djamaluddin Bugis, Bupati Kabupaten Maluku Tenggara M. Thaher Hanubun, Bupati SBB Timotius Akerina, Bupati Malteng Abua Tuasikal, Bupati KKT Petrus Fatlolon, Bupati SBT Abdul Mukti Keliobas.

Editor: Petter Letsoin


Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU