Selasa, Januari 19, 2021

Dinas Pariwisata Tual Fokus Bangun Sumber Daya Manusia pada 2021

Dengan SDM yang baik, akan menghasilkan tata kelola destinasi wisata yang baik pula.


Tual, suaradamai.com – Melihat belum adanya kontribusi berarti dari sektor pariwisata, maka pada tahun 2021 ini, Dinas Pariwisata Kota Tual fokus membangun Sumber Daya Manusia (SDM). Dengan SDM yang baik, akan menghasilkan tata kelola destinasi wisata yang baik pula.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pariwisata Kota Tual Enggelina Heatubun, saat ditemui wartawan di ruang kerjanya, Kamis (7/1/2021).

“Kami melihat pentingnya pembangunan SDM di lokasi wisata, baik dari warga setempat maupun kelompok sadar wisata. Hal ini bisa mengatasi berbagai masalah dan kendala yang ada saat ini, misalnya kontribusi dari lokasi wisata kepada Pemerintah Kota Tual, bisa menjadi agen perubahan terkait dengan pemeliharaan lokasi wisata hingga memediasi masalah lingkungan di desa wisata,” papar Enggelina.

Enggelina menambahkan, dengan membangun sektor pariwisata secara kontinyu dan maksimal, nantinya warga bisa meningkatkan pemberdayaan ekonomi jika sumber dayanya dibentuk dengan baik.

Pada akhirnya, lanjut Enggelina, peningkatan kualitas SDM di destinasi wisata itulah yang sangat berperan penting bagi perkembangan lokasi itu sendiri. Karena sekalipun didukung, tetapi jika warga sendiri tidak sadar akan pentingnya destinasi tersebut bagi kehidupan mereka, maka tentunya sia-sia.

Enggelina mengakui, hingga saat ini destinasi wisata belum banyak berkontribusi bagi Pemerintah Kota Tual, tetapi ke depannya, berprospek untuk menjadi salah satu aspek penunjang pendapatan asli daerah setelah diadakan kerja sama dengan pemerintah.

Editor: Labes Remetwa


Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

ARTIKEL TERPOPULER

Tharob: Varietas Bawang Merah Tajuk Lebih Baik dan Cocok di Kei

Bawang merah varietas tajuk yang diproduksi di Kei memiliki ciri yang sama seperti di Nganjuk, Jawa Timur. Langgur, suaradamai.com...

Jalan Trans Pulau Kei Besar Resmi Jadi Proyek Prioritas Nasional

Selamat untuk seluruh masyarakat Maluku Tenggara. Kita tatap Maluku Tenggara yang lebih baik. Langgur/Jakarta, suaradamai.com – Kabar baik bagi...

Kerajinan Tangan Warga Ohoiren Perlu Inovasi

Kerajinan tangan lokal mulai mengalami kemunduran karena tidak ada inovasi. Langgur, suaradamai.com – Industri kreatif seperti kerajinan tangan...

Pemkot Tual Pulangkan 254 Pelaku Karantina: Terbanyak Mahasiswa

Wali Kota memanfaatkan kesempatan tersebut untuk menasihati pelaku karantina yang sebagian besar adalah pelajar mahasiswa.

KOMENTAR TERBARU

× Ada yang bisa dibantu?