Selasa, Januari 19, 2021

Dinkes Tual Siap Vaksinasi Nakes sebagai Pejuang Garis Depan

Tidak semua nakes bisa divaksin dalam kegiatan vaksinasi perdana ini.


Tual, suaradamai.com – Vaksinasi yang saat ini digaungkan secara nasional, menjadi alternatif pencegahan virus corona di Indonesia, tidak terkecuali di Kota Tual.

Sebanyak 512 tenaga kesehatan (nakes) pada jajaran Dinas Kesehatan Kota Tual telah didata dan akan menerima vaksin Sinovac.

Ditemui wartawan di ruang kerjanya, Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Tual drg. Maxie Tinggogoy mengatakan, vaksin ini pertama diberikan kepada nakes dan sumber daya kesehatan, demi meminimalisir penyebaran virus corona.

“Langkah kami yang pertama adalah sasaran vaksinasi kepada nakes dan sumber daya kesehatan, kesiapan kami secara administrasi sudah lengkap, hanya tinggal eksekusi pada hari H, karena nakes adalah pejuang digaris depan, maka mereka membutuhkan vaksinasi untuk meminimalisir penyebaran atau resiko tertular virus corona saat bertugas nantinya,” paparnya.

Disinggung soal bagaimana prosedur vaksinasi tersebut, Maxie menegaskan ke 512 nakes ini belum tentu semua dapat menerima vaksin, dikarenakan nakes harus benar-benar sehat untuk bisa divaksin.

“Dari 512 nakes yang didata, secara kuantitas tidak semua bisa divaksin, karena ada kondisi tertentu bagi tiap orang, tubuh yang akan divaksin harus sehat, jika terindikasi mempunyai penyakit komorbid, ibu hamil dan menyusui, sekalipun nakes, tidak akan diberikan vaksin, karena situasi tersebut tidak akan menguntungkan bagi penerima vaksin,” jelasnya.

Maxie mengharapkan, dalam 15 bulan kedepan, sasaran seluruh masyarakat Indonesia mendapatkan vaksin sinovac dapat tercapai.

Untuk vaksinasi di wilayah Kota Tual, akan dilakukan secara bertahap, dimulai dari nakes dan sumber daya kesehatan, setelah itu barulah masyarakat didata untuk menerima vaksin.

Editor: Labes Remetwa


Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

ARTIKEL TERPOPULER

Tharob: Varietas Bawang Merah Tajuk Lebih Baik dan Cocok di Kei

Bawang merah varietas tajuk yang diproduksi di Kei memiliki ciri yang sama seperti di Nganjuk, Jawa Timur. Langgur, suaradamai.com...

Jalan Trans Pulau Kei Besar Resmi Jadi Proyek Prioritas Nasional

Selamat untuk seluruh masyarakat Maluku Tenggara. Kita tatap Maluku Tenggara yang lebih baik. Langgur/Jakarta, suaradamai.com – Kabar baik bagi...

Kerajinan Tangan Warga Ohoiren Perlu Inovasi

Kerajinan tangan lokal mulai mengalami kemunduran karena tidak ada inovasi. Langgur, suaradamai.com – Industri kreatif seperti kerajinan tangan...

Pemkot Tual Pulangkan 254 Pelaku Karantina: Terbanyak Mahasiswa

Wali Kota memanfaatkan kesempatan tersebut untuk menasihati pelaku karantina yang sebagian besar adalah pelajar mahasiswa.

KOMENTAR TERBARU

× Ada yang bisa dibantu?