Selasa, Desember 1, 2020

DPRD Akan Panggil Kadinkes Soal Evaluasi Pembayaran Insentif

Tim I perlu mengetahui sejauh mana proses pembayaran insentif kepada tenaga kesehatan, sebagaimana yang telah disepakati pada rapat beberapa waktu lalu.


Ambon, suaradamai.com – DPRD Provinsi Maluku melalui Tim I Pengawasan Penanganan Covid-19 memastikan akan kembali memanggil Kepala Dinas Kesehatan Maluku, Meikyal Pontoh, terkait dengan pembayaran insentif tenaga kesehatan.

Anggota timwas I penanganan covid-19 DPRD Maluku Andy Munaswir mengatakan, pemanggilan yang dilakukan kepada Dinas Kesehatan Maluku Meikyal Pontoh dan juga Plt. Direktur RSUD dr. Haulussy Rodrigo Limmon, adalah untuk mengevaluasi pembayaran insentif tenaga kesehatan.

“Soal realisasi pembayaran insentif tenaga kesehatan, tim pengawas Covid-19 akan melakukan pemanggilan terhadap Dinkes, Direktur RSUD Haulussy dan Umarella,” ujar Andy di Ambon, Kamis (12/11/2020).

Menurutnya, Tim I perlu mengetahui sejauh mana proses pembayaran insentif kepada tenaga kesehatan, sebagaimana yang telah disepakati pada rapat beberapa waktu lalu.

Apalagi dalam rapat tersebut, lanjut Andy, telah disepakati jika pembayaran insentif tenaga kesehatan tahap pertama antara bulan Maret hingga Mei harus diselesaikan pada bulan Oktober dan pembayaran tahap kedua bulan Juni sampai Oktober harus dilakukan pada bulan Oktober.

Dijelaskan, Timwas I hanya ingin memastikan agar pembayaran terhadap insentif kesehatan harus diselesaikan, sebab insentif merupakan hak yang mesti diterima semua tenaga kesehatan yang melayani pasien covid-19.

“Kami hanya ingin memastikan tenaga kesehatan sudah menerima insentif itu karena itu hak mereka,” ujarnya.

Andy mengaku, selama ini pihaknya terus melakukan koordinasi bersama Plt. Direktur RSUD Haulussy untuk mengingatkan pembayaran insentif tenaga kesehatan, namun secara kelembagaan dipandang penting untuk mendengarkan secara langsung.

Terkait rencana pemanggilan, Andy mengatakan pemanggilan akan dilakukan pada pekan depan.

Sebelumnya diberitakan, DPRD Provinsi Maluku mendesak Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Maluku segera percepat pembayaran insentif relawan corona. Wakil Ketua DPRD Maluku, Melkianus Sairdekut yang juga Ketua Tim I Pengawasan Penanganan Covid-19 Provinsi Maluku ini mengatakan dalam rapat sebelumnya bersama Dinas Kesehatan Maluku, DPRD telah mendorong agar insentif tenaga kesehatan dan relawan dapat diperhatikan dengan baik.

Menurutnya, dalam rapat tersebut banyak anggota dewan yang mempertanyakan terkait dengan insentif, karenanya pada saat itu, DPRD secara tegas meminta Dinas Kesehatan Maluku untuk menghitung estimasi insentif yang akan diterima tenaga kesehatan dan relawan Covid-19, termasuk di tempat-tempat karantina yang disediakan Pemerintah Provinsi Maluku.

Akan tetapi sampai saat ini masih banyak tenaga relawan kesehatan di tempat-tempat karantina yang belum mendapatkan insentif secara keseluruhan.

Editor: Labes Remetwa


Terkait rencana pemanggilan, Andy mengatakan pemanggilan akan dilakukan pada pekan depan.


Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

ARTIKEL TERPOPULER

Tharob: Varietas Bawang Merah Tajuk Lebih Baik dan Cocok di Kei

Bawang merah varietas tajuk yang diproduksi di Kei memiliki ciri yang sama seperti di Nganjuk, Jawa Timur. Langgur, suaradamai.com...

Jalan Trans Pulau Kei Besar Resmi Jadi Proyek Prioritas Nasional

Selamat untuk seluruh masyarakat Maluku Tenggara. Kita tatap Maluku Tenggara yang lebih baik. Langgur/Jakarta, suaradamai.com – Kabar baik bagi...

Pemkot Tual Pulangkan 254 Pelaku Karantina: Terbanyak Mahasiswa

Wali Kota memanfaatkan kesempatan tersebut untuk menasihati pelaku karantina yang sebagian besar adalah pelajar mahasiswa.

Kerajinan Tangan Warga Ohoiren Perlu Inovasi

Kerajinan tangan lokal mulai mengalami kemunduran karena tidak ada inovasi. Langgur, suaradamai.com – Industri kreatif seperti kerajinan tangan...

KOMENTAR TERBARU