Internet Masuk Kei Besar Utara Timur, Beruatwarin Apresiasi Kinerja Pemkab Malra

Bram harap, pemerintah juga bisa menyentuh ohoi-ohoi yang belum ada akses jaringan.


Langgur, suaradamai.com – Anggota DPRD Kabupaten Maluku Tenggara Abraham Beruatwarin mengapresiasi kinerja Pemkab Malra atas pembangunan jaringan internet di Kei Besar, khususnya Kecamatan Kei Besar Utara Timur.

“Kami memberikan apresiasi kepada pemerintah daerah, Bapak Muhammad Thaher Hanubun atas perhatian, semangat kerja dan kerja keras. Tentu juga kepada Dinas Kominfo yang serius memperhatikan Kei Besar,” ujar Legislator Dapil II Kei Besar itu kepada Suara Damai melalui sambungan telepon, Kamis (15/4/2021).

Bram, sapaan Abraham, mengatakan bahwa wilayah Kei Besar Utara Timur sangat membutuhkan jaringan telepon dan internet untuk bisa berkomunikasi dan juga mengetahui perkembangan pembangunan di Malra.

Pemerintah daerah sudah membangun sekitar empat tower jaringan telekomunikasi, tetapi menurut Bram, itu belum menjawab kebutuhan di sana. Dia harap, pemerintah juga bisa menyentuh ohoi-ohoi yang belum ada akses jaringan.

Sebagai wakil rakyat, Bram mengatakan, dia akan membantu pemerintah memperlancar pembangunan di Kei Besar.

“Pembangunan Tower ini kan membutuhkan lahan dan sebagainya, sehingga saya akan berkoordinasi dengan para pihak yang berkaitan untuk memperlancar pembangunan infrastruktur jaringan,” kata Politisi Partai Gerindra itu.

Jaringan internet Malra capai 72 persen

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Maluku Tenggara Antonius Walken Raharusun mengatakan, jaringan internet (4G) di Malra sudah mencapai 72 persen dan jaringan seluler (2G) mencapai 76 persen.

“Kalo misalnya yang 2G sudah diupgrade ke 4G, maka kondisi terakhir nanti akan jadi 76 persen. Nanti semua menara yang ada ini tidak ada 2G, semua harus 4G,” kata Walken ketika dihubungi via telepon, Sabtu (17/4/2021).

Khusus di Kei Besar Utara Timur, pada tahun 2020, dilakukan peningkatan jaringan 2G ke 4G di Ohoi Yamtimur dan Haar Ohoimel. Hal yang sama dilakukan di Hollat dan Banda Ely pada tahun 2021.

Walken menambahkan, tahun ini, Diskominfo Malra sudah mengusulkan sembilan menara di Kei Besar, yakni di Ohoi Kilwaer, Ohoifau, Ohoiwirin, Banda Efruan, Ohoiraut, Renfaan RK, Hoko, Haar Ohoiwait, dan Watlaar.

Editor: Labes Remetwa


Diskominfo Malra sudah mengusulkan sembilan menara di Kei Besar.


Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU