Jumlah Calon Mahasiswa Baru Polikant Mencapai 315 Orang

Jumlah ini masih bersifat sementara, sebab Polikant masih membuka pendaftaran gelombang kedua untuk jalur mandiri.


Langgur, suaradamai.com – Calon Mahasiswa Baru (Camaba) yang mendaftar di Politeknik Perikanan Negeri Tual (Polikant) pada tahun ajaran baru 2022/2023 mencapai 337 orang. Dari jumlah tersebut, sebanyak 315 orang yang ikut ujian dan dinyatakan lulus.

Jumlah itu pun masih bersifat sementara, karena Polikant masih membuka pendaftaran gelombang kedua untuk jalur mandiri.

Koordinator Bagian Akademik dan Kemahasiswaan Polikant Kristina J. Fangohoi mengatakan, Camaba yang mendaftar di Polikant berasal dari berbagai daerah di Maluku, antara lain Maluku Tenggara, Tual, Tanimbar, Maluku Barat Daya, Aru, dan Ambon.

“Mereka mendaftar lewat empat jalur pendaftaran, yaitu SNMPTN, SNMPN, SBMPN, dan mandiri,” ungkap Fangohoi kepada Suaradamai.com di ruang kerjanya, Rabu (10/8/2022).

Fangohoi merinci Camaba yang mendaftar dan dinyatakan lulus, lewat jalur SNMPTN berjumlah enam orang, SNMPN tujuh orang, SBMPN 55 orang, dan mandiri (gelombang pertama) 248 orang.

Camaba yang mendaftar lewat jalur SNMPTN, SNMPN, dan SBMPN seperti tersebut di atas, harus melakukan registrasi/pendaftaran ulang di Polikant. Hingga kini, lanjut Fangohoi, pihaknya belum bisa memastikan jumlah Camaba yang registrasi ulang karena prosesnya masih berjalan.

Menurut dia, sebagian besar Camaba memilih Program Studi (Prodi) Agrowisata Bahari (AWB). Hampir setengah dari jumlah pendaftar jalur mandiri pada gelombang pertama memilih Prodi AWB.

Untuk diketahui, pendaftaran gelombang kedua untuk jalur mandiri telah dibuka sejak 10 Agustus. Sedangkan pelaksanaan tes gelombang ini akan dilaksanakan pada 18 Agustus.

Beasiswa

Fangohoi menambahkan, berdasarkan kuota yang ditetapkan oleh Pemerintah Pusat, maka Polikant mendapat kuota beasiswa sebanyak 167 orang.

Total kuota ini akan dibagi ke masing-masing Program Studi (Prodi) berdasarkan akreditasi. Prodi yang memiliki akreditasi “Baik Sekali”, mendapat kuota beasiswa 45 orang. Sementara Prodi yang terakreditasi “Baik”, mendapat kuota sebanyak 122 orang.

“Jadi Prodi-Prodi yang akreditasinya B (Baik Sekali), itu bagi (kuota) 45 orang itu. Sedangkan Prodi-Prodi akreditasi C (Baik), itu dia bagi 122,” jelas Fangohoi.

Untuk diketahui, Program Studi di Polikant yang terakreditasi “Baik Sekali” berjumlah dua Prodi, yaitu Prodi Teknologi Budidaya Perikanan (TBP) dan Teknologi Hasil Perikanan (THP). Dengan demikian, dua Prodi ini mendapat kuota beasiswa masing-masing sebanyak 22 atau 23 orang.

Sementara tujuh Prodi yang lain mendapat jatah beasiswa masing-masing sebanyak 17,4 orang. Mereka adalah Prodi yang terakreditasi “Baik”, yakni Agrowisata Bahari (AWB), Agrobisnis Perikanan (AGP), Teknologi Penangkapan Ikan (TPI), Bioteknologi (Biotek), Manajemen Rekayasa Pengolahan Hasil Perkanan (MRPHP), dan Teknologi Kelautan (TKL).

Editor: Labes Remetwa


Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU