Kasus Positif Covid-19 di Tual Melonjak Drastis

Per tanggal 11 Juli, jumlah kasus Covid-19 di Tual bertambah 28 orang.


Tual, suaradamai.com – Jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kota Tual melonjak drastis. Per tanggal 11 Juli, jumlah kasus bertambah 28 orang.

Sehingga total pasien yang sementara menjalani perawatan atau kasus aktif di Tual kini mencapai 70 orang.

Mereka dirawat di RSUD Maren Hi. Noho Renuat, ruang isolasi terpusat Hotel Anugerah, RSUD Karel Sadsuitubun, dan ada yang menjalani isolasi mandiri (Isoman) di rumah.

Dari jumlah tersebut, 21 orang merupakan tenaga kesehatan, yakni tujuh dari Dinas Kesehatan dan 14 orang tenaga medis dari puskesmas.

“Dalam waktu singkat ini, dua pasien Covid-19 meninggal dan sudah dimakamkan,” kata Plt. Dinas Kesehatan Tual dr. Maxie Tinggogoy, Senin (12/7/2021).

Sementara itu, kasus probabiliti atau resiko terkonfirmasi positif Covid-19 berdasarkan rapid test antigen berjumlah 123 orang. Mereka ini ada dalam lingkungan masyarakat.

Kondisi lonjakan kasus ini, kata Maxie, membuat Kementerian Kesehatan menetapkan Tual masuk zona orange Covid-19 per 4 Juli lalu. Akan segera berubah menjadi zona merah, kata Max.

“Dalam satu minggu saja, kalau ada 5-7 kasus positif Covid-19, sudah masuk zona merah,” jelas Max.

Max mengatakan, untuk kondisi sekarang, masih mampu ditangani.

Sebab itu, butuh kesadaran semua pihak, menerapkan protokol kesehatan secara ketat agar menekan angka penularan dan memutus mata rantai penyebaran virus corona.

“Kita harapkan itu masyarakat disiplin menerapkan 3 M … Kalo tidak ada agenda penting itu harap di rumah, supaya virus ini tidak mendapat inang baru (menginveksi). Kuncinya di situ,” tegas Max.

Editor: Labes Remetwa


Total pasien yang sementara menjalani perawatan atau kasus aktif di Tual kini mencapai 70 orang.


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU