Kenakan Pakaian Khas Maluku, Wagub Pimpin Upacara HSP ke-94 di Ambon


Ambon, suaradamai.com -Ratusan pemuda pemudi dari berbagai instansi pemerintah lingkup Pemprov Maluku, berkumpul di Lapangan Merdeka, Jumat, (28/10/2022). Mengenakan pakaian khas Maluku, mereka begitu antusias mengikuti upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda (HSP) ke-94.

Peringatan HSP tahun ini, dipimpin Wakil Gubernur (Wagub) Maluku Barnabas Natanhiel Orno. Ia tampil mengenakan pakaian khas Maluku, perpaduan jas merah dan cele putih lengan panjang.

HSP tahun ini mengusung tema “Bersama Membangun Bangsa”.

Menteri Pemuda dan Olahraga RI, Zainudin Amali dalam amanahnya yang disampaikan Wagub Barnabas Natanhiel Orno mengatakan, peringatan HSP adalah upaya menghadirkan sejarah masa lalu untuk direnungkan, dipelajari, lalu ditemukan pembelajaran kebaikan untuk dijadikan teladan dan inspirasi penggerak, sebagai langkah menuju visi bangsa yang besar.

“Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 memberikan pelajaran kepada kita dalam menyikapi perbedaan sikap primordial, suku, agama, ras dan kultur serta berbagai kepentingan menjadi kekuatan bukan sebagai faktor yang melemahkan sejarah. HSP ini selalu memiliki arti penting karena ancaman-ancaman terhadap kesatuan Indonesia selalu ada bersamaan dengan cita-cita mewujudkan kejayaan Indonesia,” katanya.

Menurutnya, tema Sumpah Pemuda tahun ini memberikan pesan, bahwa persatuan adalah harga mati yang harus dikuatkan untuk membangun ketangguhan sebagai eksistensi bangsa Indonesia. Inilah yang menjadi tekad untuk meneruskan perjuangan kemerdekaan dan cita-cita pada saat ini, dan sepanjang masa sesuai konteks lingkungan strategis yang selalu berubah.

“Pemuda hari ini adalah tokoh-tokoh yang akan berperan pada masa yang akan datang. Apa yang dilakukan pemuda di masa sekarang, sudah menjadi penentu kemajuan bangsa Indonesia di masa yang akan datang. Mandat Pemuda saat ini adalah menjadikan nilai-nilai persatuan di atas segala-galanya,” ujar Menpora.

Ia menilai, bila melihat kondisi pemuda Indonesia saat ini, maka terdapat optimisme yang penuh harapan di samping masih terdapat beberapa tantangan yang tidak ringan. Meski begitu, mereka telah menunjukkan banyak capaian prestasi di berbagai bidang yang membanggakan di level nasional maupun internasional.

Hal ini, sambung Menpora, menjadi modal untuk membangun keunggulan Indonesia di masa yang akan datang. Namun tetap ada  kekhawatiran bila pemuda Indonesia masih menghadapi ancaman pengangguran dan keterpurukan dalam tindakan deskriptif yang tidak menguntungkan. Terhadap situasi tersebut, maka upaya pemberdayaan dan pengembangan pemuda menjadi kreatif, inovatif, kolaboratif dan mandiri serta berkarakter perlu dikembangkan agar mereka dapat menghadapi situasi yang tidak menguntungkan dan mampu mencapai prestasi tinggi.

“Oleh karena itu, kami mengajak seluruh elemen bangsa, menghimpun kekuatan dan semangat untuk bergerak mendorong pemuda Indonesia dalam mengembangkan berbagai potensi untuk membangun kejayaan Indonesia,” tutup Menpora.

Peringatan HSP dihadiri perwakilan Forkopimda lingkup provinsi, diantaranya Asdatun Kejati Maluku Bapak Sigit Prabowo, yang hadir mewakili Kajati Maluku.


Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU