Ketua DPRD Tual Bicara Soal Paparan Informasi Covid- 19 Dan Apatisme Warga

“Dengan PPKM ini, kita sadar betul soal suasana psikologi masyarakat, ada yang sepakat untuk mengurangi penularan, ada yang tidak sepakat karena menggangu mata pencarian mereka,” jelas Borut.


Langgur, suaradamai.com – Akhir akhir ini masyarakat terpapar informasi yang saling bertentangan, sehingga sebagian masyarakat menolak untuk menaati protokol kesehatan.

Ketua DPRD Kota Tual, Hasan Syarifuddin Borut yang ditemui mengatakan, ada sebagian masyarakat mempercayai informasi Covid-19 yang disampaikan pemerintah jika narasi publik tidak saling bertentangan.

Dia mencontohkan seorang dokter yang ditangkap lantaran telah membuat beberapa pernyataan yang bertentangan dengan pemerintah soal Covid-19.

Ia menilai pernyataan semacam itu menimbulkan berbagai persepsi di tengah masyarakat.

“Sebagian masyarakat percaya covid dan ada juga tidak percaya. Ada yang percaya vaksin dan ada yang tidak percaya vaksin. Itu dinamika yang terjadi pada masyarakat,” ungkap Borut, kepad reporter suaradamai, Rabu (14/07/2021).

Borut menambahkan, untuk menjawab hal itu, dibutuhkan peran dinas teknis untuk mensosialisasi atau memberikan literasi dan edukasi kepada masyarakat.

“Dinas teknis dalam hal ini adalah Dinas kesehatan atau orang- orang yang berkompeten seperti dokter dan petugas yang medis yang bertugas menangani Covid itu sendiri,” jelas Borut.

Disinggung soal pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Mikro, Borut mengatakan setiap kebijakan yang dikeluarkan pemerintah selalu berdasarkan kajian yang matang, walaupun terjadi pertentangan.

“Dengan PPKM ini, kita sadar betul soal suasana psikologi masyarakat, ada yang sepakat untuk mengurangi penularan, ada yang tidak sepakat karena menggangu mata pencarian mereka,” jelas Borut.

Borut mengatakan pemerintah daerah telah melakukan pendekatan pendekatan yang bertujuan untuk memfasilitasi atau menjawab persoalan masyarakat.

Sedangkan kami, kata dia, telah melakukan rapat pembahasan terkait penangan Covid dan dampak ekonomi dan kesehatan yang terjadi di masyarakat.

Selain itu, Borut berharap agar masyarakat tetap taat pada protokol kesehatan demi menekan angka penyebaran Covid-19 di Kota Tual.

Editor: Petter Letsoin


Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU