Disoroti Soal Kinerja, Ketua DPRD Tual Angkat Bicara

Mereka berpendapat DPRD tidak maksimal dalam memperjuangkan aspirasi masyarakat.


Tual, suaradamai.com – Ketua DPRD Kota Tual Hasan Syarifudin Borut angkat bicara soal pendapat sebagian masyarakat terhadap kinerja lembaga legislatif.

Mereka berpendapat DPRD tidak maksimal dalam memperjuangkan aspirasi masyarakat, dan terkesan hanya datang duduk, diam dan pulang.

Ditemui di ruang kerjanya baru-baru ini, Borut mengatakan selama ini DPRD telah menjalankan fungsi sesuai tugas dan tanggung jawabnya, yakni pengawasan, legislasi, dan anggaran.

Menurut Borut, tanggapan tersebut muncul akibat belum adanya pemahaman dari masyarakat terkait fungsi dan kontrol DPRD.

“Jadi menurut pemahaman kami, masyarakat kita secara teknis belum memahami fungsi dan kontrol DPRD itu seperti apa, tapi yang pasti fungsi kami itu fungsi budgeting (anggaran), pengawasan dan membuat perundang-undangan atau membentuk Perda untuk tingkat kabupaten kota seperti kami. Bahwasanya fungsi-fungsi itu telah kami laksanakan dan itu telah berproses,” jelas Borut.

Lebih lanjut, politisi PKS itu mengatakan, selama ini aspirasi masyarakat yang didapat saat melakukan reses, maupun pengawasan, telah disampaikan dan diperjuangkan, namun yang dapat merealisasikan hal tersebut adalah pemerintah daerah selaku pihak eksekutif.

“Realisasinya seperti apa itu dikembalikan kepada pemerintah daerah, dalam hal ini sebagai pihak eksekutif. Kami hanya bisa janjikan apa yang kami temukan di lapangan, dalam pengawasan, tapi pada akhirnya tindakan eksekusi dikembalikan pada pihak eksekutif,” jelas Borut.

“Jadi masyarakat beranggapan bahwa kita tidak kerja, saya ingin jawab kita telah bekerja tapi sekali lagi kewenangannya (eksekusi) ada pada pemerintah daerah,” imbuh Borut.

Borut menambahkan dia sangat memahami pendapat masyarakat tersebut, dan berharap masyarakat lebih bijaksana memberikan saran dan masukan.

Editor: Labes Remetwa


Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU