Mahasiswa Polikant Praktek Pengolahan Abon Ikan Tuna

“Praktek pengolahan ini akan menjadi bekal ketika mereka terjun sebagai wirausaha.” Ujar dia.


Langgur, suaradamai.com – Mahasiswa polikant  Program Studi Teknologi Hasil Perikanan (THP) praktek pengolahan abon ikan tuna di Laboratorium Hasil Perikanan. Rabu (31/3/2021).

Kristhina Rahael, Dosen pembimbing sekaligus Pj Kaprodi THP mengatakan praktek tersebut diikuti oleh tujuh mahasiswa semester IV.

“Praktek pengolahan ini akan menjadi bekal ketika mereka terjun sebagai wirausaha.” ujar dia

Ia menambahkan,alasan pemilihan ikan tuna sebagai bahan pokok olahan abon karena selain sangat mudah didapat di pasar, daging ikan ini juga sangat tebal dan punya cita rasa berbeda dengan ikan lain pada umumnya.

Kristhina menjelaskan, ikan tuna di bersihkankan terlebih dahulu dari sirip, isi perut dan Tulang, kemudian di Rebus Dengan Suhu 40°c selama 30 menit kemudian didinginkan sejenak, setelah itu di blender dan dicampurkan dengan bahan yang sudah disediakan yakni, bawang putih, jahe, langkuas, kunyit, sere, lada, bawang merah, ketumbar, cili padi, roiko, gula, garam dan perasan santan kelapa.

Lebih lanjut, ia menjelasakan adonan ikan kemudian di campurkan dengan bumbu rempah dari bahan diatas yang sudah di haluskan dan dicampurkan.

“Setelah tahapan itu, adonan dipanaskan didalam wajan lalu diaduk selama 30 menit hingga tercampur ratah dan kering. Tahap akhir adalah adonan didiamkan beberapa menit dan ditimbang dengan ukuran 15g hingga 30 g untuk selanjutnya dilakukan pengemasan.” Jelas dia.

Editor: Petter Letsoin


Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU