Negara Jamin Keamanan Natal dan Tahun Baru 2023, Masyarakat Perlu Lakukan Ini

Kepastian itu ditegaskan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Pol. Boy Rafli Amar saat dikonfirmasi pada Senin 6 November 2022.


Jakarta, Suradamai.com – Untuk memastikan masyarakat merasa aman dan nyaman pada liburan Natal dan Tahun Baru 2023, negara pastikan jamin keamanan seluruh warga negara tanpa terkecuali.

Kepastian itu ditegaskan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Pol. Boy Rafli Amar saat dikonfirmasi pada Senin 6 November 2022.

Pasalnya, oknum atau kelompok-kelompok radikal biasanya memanfaatkan hari-hari besar keagamaan untuk menggencarkan aksi-aksi radikalisme mereka.

Untuk itu Boy mengatakan, sudah menjadi kewajiban negara untuk memberi ruang kepada masyarakat demi menjalankan aktivitas keseharian secara wajar tanpa dibayangi ketakutan.

“Khususnya tanpa perlu khawatir dengan ancaman tindakan terorisme,” kata Boy.

Boy mengungkapkan, aparat negara selama ini tidak tinggal diam untuk melakukan deteksi dini terhadap ancaman tindakan terorisme yang kerap muncul di momen-momen seperti ini.

“Aparat keamanan selalu siap siaga mendalami potensi-potensi ancaman terorisme agar tidak menjadi nyata,” terangnya.

Kata Boy, aparat keamanan perlu informasi atau masukan dari masyarakat terkait hal-hal yang perlu diantisipasi sedini mungkin.

Lanjutnya, SOP atau standar operasional prosedurnya sudah ada untuk petugas-petugas keamanan.

Sehingga harap Boy, masyarakat tetap menjalankan tugas-tugas atau kegiatan sehari-hari seperti biasa.

“Namun masyarakat perlu memberi informasi kepada aparat keamanan terkait hal-hal yang mencurigakan di lingkungannya,” ujarnya.

Sehingga kegaduhan dan hal-hal yang mengganggu aktivitas warga bisa terdeteksi sejak dini supaya tidak merugikan atau menjatuhkan korban jiwa.

Boy pun memastikan bahwa informasi maupun masukan dari masyarakat akan ditindaklanjuti sebagai upaya antisipasi sedini mungkin terhadap pencegahan gerakan-gerakan radikalisme yang dapat menganggu aktivitas warga pada saat Natal maupun Tahun Baru.

Sementara itu, untuk pencegahan terhadap aksi terorisme, BNPT hingga kini terus menggencarkan sosialisasi kepada masyarakat.

“Salah satunya dengan mendirikan Warung  Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) di tempat-tempat strategis yang sekiranya menarik dikunjungi berbagai komunitas anak-anak muda,” imbuhnya.

Salah satunya yang baru saja diresmikan di lingkungan Kampus Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Jawa Timur di Surabaya Senin (6/11/2022) siang.

Warung yang digenjot untuk upaya  pencegahan aksi terorisme itu,  sebelumnya juga telah berdiri di Jalan Ketintang dan Ngagel Timur Surabaya.

Tidak hanya itu, dua Warung NKRI lain juga telah dioperasikan di Kabupaten Banyuwangi dan Jember, Jawa Timur.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU