Pemkab MBD Diminta Beri Subsidi Kapal Cantika untuk Melayani Pulau Babar

Pemkab MBD diminta beri subsidi bagi kapal cepat Cantika untuk melayani beberapa wilayah di Pulau Babar.


Ambon, suaradamai.com – Sejumlah pemuda asal Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) menemui anggota DPRD Provinsi Maluku Anos Yeremias di Kantor DPRD Provinsi Maluku, Jumat (19/11/2021).

Meskipun pertemuan di luar gedung DPRD, tapi inti dari pertemuan hanya semata-mata meminta Yermias sebagai anggota Komisi III yang membidangi perhubungan, bisa menyuarakan jalur kapal di beberapa wilayah di Pulau Babar.

Kepada Yeremias, mereka meminta Kapal Cepat Cantika milik PT. Dharma Indah menyinggahi pulau Babar, Kabupaten MBD.

“Kami merasa dianaktirikan. Masa kapal Cepat ke Romang, Damer dan Letti. Tapi kenapa tidak lewat Tepa atau ke Babar?” kata Dedi Tilukay salah satu pemuda.

Yermias tidak setuju dengan pernyataan bahwa Babar dianaktirikan. Sebab, kata dia, banyak kapal, seperti Sabuk Nusantara juga menyinggahi Babar.

Ketua Fraksi Golkar DPRD Maluku itu sepakat dengan Bos PT. Dharma Indah, Jhony de Quelju alias Siong, bahwa jika ingin kapal cepat melayani Babar, Pemkab MBD harus memberikan subsidi lewat APBD.

“Dalam sisi bisnis, siapapun pengusaha pasti tidak mau merugi dan jika mau tetap dipaksakan untuk melayani, mau tidak mau pemerintah harus memberikan subsidi,” kata Yermias.

Terpisah, melalui telepon, Siong mengatakan bahwa pendapatan mereka tidak sebanding dengan biaya operasional jika dipaksakan. Hal itu karena penumpang ke jalur tersebut kurang.

“Kami ini beda dengan Kapal Sabuk Nusantara yang gaji, BBM, Doking dan perawatan kapal, semua negara yang bayar,” kata Siong.

Editor: Labes Remetwa


Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU