Selasa, Desember 1, 2020

PKM Corner Polikant Targetkan 50 Proposal PKM Didanai Tahun Ini

PKM Corner Polikant, kata Ismi, berharap tahun ini jumlah proposal mahasiswa yang akan dikirim lebih banyak dari tahun lalu.


Langgur, suaradamai.com – PKM Corner Politeknik Perikanan Negeri Tual (Polikant) menargetkan, tahun ini, 50 proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) lolos seleksi dan didanai.

Untuk diketahui, PKM Corner Polikant merupakan suatu wadah yang memfasilitasi mahasiswa untuk mengikuti Program Kreativitas Mahasiswa.

Sejak dibentuk pada tahun 2019, PKM Corner Polikant telah mengirim sebanyak 36 proposal mahasiswa ke Simbelmawa Ristekdikti (sekarang Simbelmawa Kemdikbud). Jumlah ini merupakan suatu prestasi yang lebih baik dari sebelumnya.

“Ini pencapaian luarbiasa bagi tim kami. Karena kami benar-benar datang ke Prodi dan melakukan roadshow tentang PKM,” kata Ketua PKM Corner Polikant Ismi Isti’anah kepada suaradamai.com di ruang kerja Pudir III Bidang Kemahasiswaan Polikant baru-baru ini.

Wanita lulusan S2 Institut Pertanian Bogor ini menyebutkan, PKM terdiri dari beberapa bidang, antara lain penelitian, pengabdian, kewirausahaan, karsa cipta, dan teknologi. Ada juga bidang lain, yakni gagasan tertulis, artikel illmiah, dan gagasan futuristik konstruktif.

Melalui PKM, mahasiswa dilatih agar tidak hanya pintar di kelas, tetapi juga bisa mengkaji, mengembangkan, dan menerapkan ilmu dan teknologi yang telah dipelajarinya di perkuliahan kepada masyarakat luas.

“Mahasiswa ketika lulus, harus punya Sertifikat Kompetensi Pendamping Ijazah (SKPI). Jadi dia tidak hanya pintar secara teori saja, tetapi harus punya skill. Kalo misalnya dia pernah ikut PKM, nanti nilai SKPInya jauh lebih tinggi,” kata Ismi menjelaskan manfaat ikut PKM.

Dari 36 proposal yang dikirim beberapa waktu lalu itu, satu proposal PKM Artikel Ilmiah dinyatakan lolos dan mendapat dana dari pusat.

PKM Corner Polikant, lanjut Ismi, berharap tahun ini jumlah proposal yang akan dikirim lebih banyak dari tahun lalu.

“Tahun ini ditargetkan 1 prodi ada 10 proposal, berarti ada 100 proposal yang akan dikirim. Paling tidak 25 sampai 50 (proposal) didanai,” kata Ismi optimis.

Editor: Labes Remetwa


Dari 36 proposal yang dikirim beberapa waktu lalu itu, satu proposal PKM Artikel Ilmiah dinyatakan lolos dan mendapat dana dari pusat.


Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

ARTIKEL TERPOPULER

Tharob: Varietas Bawang Merah Tajuk Lebih Baik dan Cocok di Kei

Bawang merah varietas tajuk yang diproduksi di Kei memiliki ciri yang sama seperti di Nganjuk, Jawa Timur. Langgur, suaradamai.com...

Jalan Trans Pulau Kei Besar Resmi Jadi Proyek Prioritas Nasional

Selamat untuk seluruh masyarakat Maluku Tenggara. Kita tatap Maluku Tenggara yang lebih baik. Langgur/Jakarta, suaradamai.com – Kabar baik bagi...

Pemkot Tual Pulangkan 254 Pelaku Karantina: Terbanyak Mahasiswa

Wali Kota memanfaatkan kesempatan tersebut untuk menasihati pelaku karantina yang sebagian besar adalah pelajar mahasiswa.

Kerajinan Tangan Warga Ohoiren Perlu Inovasi

Kerajinan tangan lokal mulai mengalami kemunduran karena tidak ada inovasi. Langgur, suaradamai.com – Industri kreatif seperti kerajinan tangan...

KOMENTAR TERBARU