Polres Malra Lamban Tangani Kasus Penganiayaan Wartawan, PMKRI Minta Kapolda Evaluasi Kapolres

Ikuti suaradamai.com dispot_imgspot_imgspot_imgspot_img

PMKRI menilai Polres Malra lamban dalam menangani kasus ancaman/teror dan penganiayaan wartawan di Langgur, Maluku Tenggara, Maluku.


Langgur, suaradamai.com – Komisaris Daerah (Komda) Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PKMRI) Maluku-Maluku Utara, Fredy Jamrewav, meminta Kapolda Maluku mengevaluasi Kapolres Maluku Tenggara.

PMKRI menilai Polres Malra lamban dalam menangani kasus ancaman/teror dan penganiayaan wartawan di Langgur, Maluku Tenggara, Maluku.

“Bagi kami, tindakan penganiayaan terhadap wartawan telah menciderai kebebasan pers sebagaimana diatur dalam UU No. 40 tahun 1999 tentang pers,” sesal Jamrewav dalam wawancara via telepon, Kamis (28/9/2023).

Terhitung sudah tiga hari sejak kasus penganiayaan, korban penganiayaan yang adalah Jurnalis Carang TV Yoseph (Oce) Leisubun sudah melaporkan kejadian yang menimpa dirinya ke Polres Malra pada 25 September.

Pemeriksaan lanjutan terhadap Leisubun sebagai korban sudah dilakukan Penyidik Satreskrim Polres Maluku Tenggara pada 26 September.

Kemudian, penyidik juga telah melakukan pemeriksaan saksi yang adalah istri korban, Reny P. Bunga/Leisubun, pada Rabu 27 September. Pemeriksaan dilakukan di rumah korban sejak pukul 14.06 WIT hingga 15.57 WIT.

Kendati demikian, setelah pemeriksaan saksi, penyidik kembali untuk mencetak dokumen Berita Acara Pemeriksaan (BAP) saksi, tetapi hingga berita ini dinaikkan, belum ada komunikasi lanjut untuk penandatanganan BAP.

Wartawan menghubungi Kapolres Malra AKBP Frans Duma lewat telepon pagi ini, Kamis 28 September, untuk melakukan konfirmasi.

“Evaluasi saja to,” jawab Frans singkat, ketika dimintai tanggapan soal desakan PMKRI.

Wartawan kemudian meminta tanggapan Kapolres Malra AKBP Frans Duma terkait kasus penganiayaan terhadap wartawan, tetapi ia juga tidak berkomentar panjang.

“Lagi mengail ini,” katanya menegaskan belum bisa memberikan keterangan karena masih sibuk.

Editor: Labes Remetwa


Baca juga:

Ikuti suaradamai.com dispot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Ronald Tethool

Sosok inspiratif yang berhasil memajukan pariwisata Ngurbloat, Kepulauan Kei, Maluku.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU