Prodi AWB Polikant Siap Hasilkan SDM Berkualitas Bidang Wisata Bahari

Keberadaan Prodi AWB di Maluku Tenggara dan Kota Tual sangat strategis. Sebab sejalan dengan leading sector pembangunan Malra dan Tual.


Langgur, suaradamai.com – Ketua Program Studi Agrowisata Bahari Politeknik Perikanan Negeri Tual Marselus Hungan, S.Sos, M.Si mengatakan, pihaknya siap menghasilkan SDM berkualitas bidang wisata bahari.

Hal ini disampaikan kepada reporter suaradamai.com, Rabu (27/1/2021).

Menurut Marselus, keberadaan Prodi AWB di Maluku Tenggara dan Kota Tual sangat strategis. Sebab sejalan dengan leading sector pembangunan kedua daerah, yakni perikanan dan pariwisata.

“Dalam membantu sektor pariwisata di Kepulauan Kei, Polikant lewat Prodi AWB mendidik mahasiswa untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia bidang pengembangan wisata bahari,” kata Marselus menjelaskan visi/tujuan Prodi yang didirikan tahun 2017 itu.

Tujuan Prodi AWB

Tujuan Prodi AWB antara lain:

  1. Menghasilkan lulusan yang berkepribadian luhur dan profesional serta mampu menerapkan ilmu pengetahuan wisata bahari demi peningkatan kesejahteraan hidup masyarakat.
  2. Menghasilkan lulusan yang terampil dan handal dengan dasar konservasi sumber daya alam pesisir.
  3. Menghasilkan lulusan yang siap berkompetisi di dunia industri wisata bahari.

Misi Prodi AWB

Marselus menambahkan, untuk mencapai visi atau tujuan tersebut, ada tiga misi yang mereka jalankan:

  1. Menyelenggarakan pendidikan vokasi di bidang wisata bahari yang bermutu dan mampu bersaing secara global.
  2. Membangun kerja sama dengan stakeholder dalam dan luar negeri demi peningkatan kualitas pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.
  3. Berperan serta dalam meningkatkan potensi sumber daya manusia di bidang wisata bahari dengan penerapan IPTEK melalui pengelolaan sumberdaya yang berkelanjutan dan ramah lingkungan.

Fasilitas pendukung

Program Studi AWB ditunjang dengan sarana belajar seperti ruang kelas, laboratorium komputer, perpustakaan, dan laboratorium bahasa.

“Lab bahasa saat ini sementara dibangun. Semoga tahun ini sudah diresmikan agar dapat digunakan oleh mahasiswa mengembangkan kemampuan bahasanya,” ujar Marselus.

Ada 8 tenaga pengajar dosen dengan kualifikasi akademik 7 orang S2 dan 1 orang sementara studi S3, yang siap mendidik mahasiswa.

Profil lulusan

Lulus dari Prodi AWB, lulusan bisa bekerja sebagai manager pariwisata dan perhotelan, tour guide/pemandu wisata, wirausaha bidang pariwisata, dan tenaga kependidikan pariwisata.

Editor: Labes Remetwa


Prodi AWB juga ditunjang tenaga pengajar dosen sebanyak 9 orang dengan kualifikasi akademik 8 orang S2 dan 1 orang sementara studi S3.


Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU