Minggu, November 29, 2020

Rahawarin Minta Bupati-Wakil Bupati Perhatikan Dua Hal Ini

Bosko menilai dalam dua tahun pemerintahan ini sudah ada target yang dicapai sesuai visi misi.


Langgur, suaradamai.com – Wakil Ketua DPRD Kabupaten Maluku Tenggara Yohanis Bosko Rahawarin menekankan dua hal penting yang harus diperhatikan Bupati dan Wakil Bupati di tahun depan.

Dia menilai dalam dua tahun pemerintahan ini (2018-2020) sudah ada target yang dicapai sesuai visi misi. Meski demikian, ada permasalahan yang harus diatasi.

“Di tahun 2019 awal, lalu sekarang tahun 2020, kita lihat bahwa beberapa infrastruktur sudah dibangun, misalnya jalan … Lalu masalah telekomunikasi, sudah 100an lebih ohoi yang sudah merasakan sinyal baik 4G maupun 2G,” kata Bosko mencontohkan perubahan yang dilakukan pemerintahan ini.

Dia melanjutkan, banyak penghargaan juga berhasil diraih, baik dari Ki Hajar, Pengendalian Inflasi Daerah, hingga Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

“Tidak terasa dua tahun ini sudah ada perkembangan. Namun kita juga harus akui bahwa masih ada keterbatasan,” ujar politisi Partai PAN itu.

Pada tahun 2021, lanjut Bosko, masih banyak tantangan yang akan dihadapi dan masih banyak permasalahan yang harus diselesaikan, khususnya permasalahan akibat dampak Pandemi Covid-19.

Bosko memberikan dua catatan penting yang harus diperhatikan Bupati dan Wakil Bupati dalam penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, dan pelayanan masyarakat untuk tahun 2020.

Pertama, Bupati dan Wakil Bupati harus bisa mengevaluasi kinerja OPD yang ada.

Dari pengamatannya, kinerja staf pada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) agak lambat.

Hal itu, kata Bosko, menyebabkan realisasi anggaran lambat sehingga berpengaruh terhadap penganggaran APBD tahun 2021.

“Bupati dan Wakil Bupati punya visi yang jauh kedepan, tetapi kalau tidak didukung dengan kinerja OPD yang ada, kinerjanya lambat, ya sama saja,” jelas Bosko.

Kedua, harus fokus pemulihan ekonomi di tahun depan.

“Banyak yang kehilangan pekerjaan, usaha banyak yang tutup. Saya melihat bahwa harga barang stabil, tapi banyak orang yang masih mengeluh,” kata Bosko menjelaskan dampak Pandemi Covid-19.

“Kami wakil rakyat akan terus bersinergi. Tentunya program-program pro rakyat, kami akan mendukung pemerintah daerah untuk terus bagaimana memikirkan terkait dengan tingkat kehidupan ekonomi kedepan,” kata Bosko lagi.

Editor: Labes Remetwa


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

ARTIKEL TERPOPULER

Tharob: Varietas Bawang Merah Tajuk Lebih Baik dan Cocok di Kei

Bawang merah varietas tajuk yang diproduksi di Kei memiliki ciri yang sama seperti di Nganjuk, Jawa Timur. Langgur, suaradamai.com...

Jalan Trans Pulau Kei Besar Resmi Jadi Proyek Prioritas Nasional

Selamat untuk seluruh masyarakat Maluku Tenggara. Kita tatap Maluku Tenggara yang lebih baik. Langgur/Jakarta, suaradamai.com – Kabar baik bagi...

Pemkot Tual Pulangkan 254 Pelaku Karantina: Terbanyak Mahasiswa

Wali Kota memanfaatkan kesempatan tersebut untuk menasihati pelaku karantina yang sebagian besar adalah pelajar mahasiswa.

Kerajinan Tangan Warga Ohoiren Perlu Inovasi

Kerajinan tangan lokal mulai mengalami kemunduran karena tidak ada inovasi. Langgur, suaradamai.com – Industri kreatif seperti kerajinan tangan...

KOMENTAR TERBARU