Tahapan Pemilu 2024 Dimulai, Ketua KPU Malra Nyatakan Siap dan Minta Dukungan

Dalam pengantar singkatnya, Ketua KPU Maluku Tenggara Basuki Rahmat Oat menyatakan kesiapan KPU, meminta dukungan, hingga menjelaskan secara ringkas tahapan Pemilu 2024.


Langgur, suaradamai.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Maluku Tenggara menyelenggarakan acara nonton bersama peluncuran “tahapan Pemilu serentak tahun 2024” secara daring di halaman Kantor KPU Malra, Selasa (14/6/2022).

Turut hadir Bupati Maluku Tenggara M. Thaher Hanubun, Forkopimda, pimpinan dan anggota DPRD Malra, ketua Bawaslu, pimpinan dan anggota partai politik, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh agama, dan tokoh pemuda.

Dalam pengantar singkatnya sebelum acara nonton bersama, Ketua KPU Maluku Tenggara Basuki Rahmat Oat menyatakan kesiapan KPU, meminta dukungan, hingga menjelaskan secara ringkas tahapan Pemilu 2024.

Menurut Oat, sesuai Peraturan KPU Nomor 3 Tahun 2022 tentang tahapan dan jadwal penyelenggaraan Pemilu 2024, menandakan bahwa penyelenggaraan pesta demokrasi pada 2024, mulai sejak hari ini 14 Juni 2022.

“KPU secara institusional, siap. KPU secara lembaga, siap. KPU secara kolektif kolegial, bukan hanya komisioner, tetapi juga teman-teman sekretariat, kami menyatakan kesiapan dalam menghadapi penyelenggaraan pemilihan umum pada 2024 nanti,” ujar Oat.

Meski demikian, Oat pun meminta dukungan pemerintah daerah, TNI-Polri, dan semua pihak agar menyukseskan Pemilu 2024 mendatang.

“Sesuai amanat undang-undang, bahwa penyelenggara teknis adalah KPU dan diawasi secara masif oleh Bawaslu. Tetapi, kita sadari sungguh bahwa ini tidak ansi tanggungjawab kita (KPU dan Bawaslu). Kita tetap membutuhkan support system,” ujar Oat.

Terkait agenda Pemilu, Oat memaparkan, PKPU Nomor 3 tahun 2022 tersebut memuat rangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan oleh KPU. Ada perencanaan program dan anggaran, pendaftaran dan verifikasi peserta Pemilu, penetapan peserta Pemilu pemutakhiran daftar pemilih, penetapan alokasi kursi dan penetapan daerah pemilihan, pemungutan dan perhitungan suara, hingga pengucapan sumpah dan janji.

Dalam waktu dekat, KPU Malra, kata Oat, akan melakukan sosialisasi kepada peserta Pemilu menjelang prosesi pendaftaran dan verifikasi partai politik.

“Mungkin awal bulan depan kita sudah mulai mengawali proses verifikasi,” kata Oat.

Editor: Labes Remetwa


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU