Selasa, Desember 1, 2020

Tingkatkan SDM Pariwisata, Dispar Malra Gelar Pelatihan Pemandu Wisata Selam

Kegiatan ini dimaksudkan untuk mempersiapkan masyarakat agar menjadi pemandu wisata.


Langgur, suaradamai.com – Dinas Pariwisata Kabupaten Maluku Tenggara menggelar pelatihan pemandu wisata selam dalam rangka meningkatkan sumber daya manusia  (SDM) bidang pariwisata.

Pelatihan ini dilaksanakan selama lima hari, Selasa sampai Sabtu (3-7/11/2020). Hari pertama dilakukan pemaparan materi bagi para peserta, dan empat hari selanjutnya adalah praktek lapangan dimana tiga hari di kolam Ngadi dan satu hari di perairan Sathean.

Sebelum praktek lapangan, 40 peserta yang berasal dari pelaku usaha pariwisata di 11 kecamatan, pemuda, dan juga ada tiga anggota DPRD Malra, mendapat materi tentang arah dan kebijakan pembangunan pariwisata Malra, potensi pengembangan wisata bahari Malra, pengetahuan akademik penyelam, dan SOP penyelam di masa pandemi.

“Diharapkan, ilmu yang diberikan narasumber jadi suatu modal tentang bagaimana pengembangan di masing-masing lokasi wisata. Pelatihan ini juga untuk memberdayakan SDM di ohoi-ohoi,” jelas Ketua Panitia Fatima Renggiwur kepada suaradamai.com di Hotel Syafira Langgur, Selasa (3/11/2020).

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Maluku Tenggara Alex Wiyono menambahkan, kegiatan ini dimaksudkan untuk mempersiapkan masyarakat agar menjadi pemandu wisata. Latihan kali ini, kata Alex, bukan berarti para peserta langsung menjadi pemandu wisata selam.

“Ini merupakan kelas dasar. Ada tingkatan-tingkatan yang harus dilalui … Mereka harus ikut pelatihan terus, sampai jadi dive master baru mereka bisa mendampingi para wisatawan,” jelas Alex.

Alex menambahkan, kedepan pihaknya akan memprogramkan pelatihan-pelatihan lanjutan, bekerja sama dengan Polikant Diving Club (PDC), sebagai tindaklanjut dari pelatihan tahun ini.

Editor: Labes Remetwa


Pelatihan dilakukan selama lima hari. Hari pertama pemaparan materi. Empat hari selanjutnya praktek lapangan di Kolam Ngadi dan Perairan Sathean.


Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

ARTIKEL TERPOPULER

Tharob: Varietas Bawang Merah Tajuk Lebih Baik dan Cocok di Kei

Bawang merah varietas tajuk yang diproduksi di Kei memiliki ciri yang sama seperti di Nganjuk, Jawa Timur. Langgur, suaradamai.com...

Jalan Trans Pulau Kei Besar Resmi Jadi Proyek Prioritas Nasional

Selamat untuk seluruh masyarakat Maluku Tenggara. Kita tatap Maluku Tenggara yang lebih baik. Langgur/Jakarta, suaradamai.com – Kabar baik bagi...

Pemkot Tual Pulangkan 254 Pelaku Karantina: Terbanyak Mahasiswa

Wali Kota memanfaatkan kesempatan tersebut untuk menasihati pelaku karantina yang sebagian besar adalah pelajar mahasiswa.

Kerajinan Tangan Warga Ohoiren Perlu Inovasi

Kerajinan tangan lokal mulai mengalami kemunduran karena tidak ada inovasi. Langgur, suaradamai.com – Industri kreatif seperti kerajinan tangan...

KOMENTAR TERBARU