Tumbuhkan Jiwa Nasionalis, Kodim 1503 Tual Doktrin Wasbang bagi Siswa

Kegiatan yang dilaksanakan pagi tadi itu, diikuti pelajar dari SMA/MA dan MTS


Langgur, suaradamai.com – Kodim 1503 Tual mengadakan kegiatan sosialisasi wawasan kebangsaan bagi para pelajar sebagai wujud tindakan menumbuhkan jiwa nasionalis di era globalisasi saat ini.

Kegiatan yang dilaksanakan pagi tadi itu, dikuti 47 pelajar dari SMA/Aliah/ dan MTS di gedung Aula Kodim 1503 Tual.

Hadir sebagai pemateri, Kasdim Udin Rasidi. Dia menekankan mengenai pentingnya pendidikan wawasan kebangsaan kepada kaum muda saat ini, yang menurutnya telah memudar. Hal ini, lanjut dia, dinilai dari tindakan main hakim sendiri, pemikiran sempit mementingkan diri sendiri, adanya diskriminasi antar suku. Dengan pendidikan wawasan kebangsaan, diharapkan menumbuhkan kembali nilai-nilai pancasila, serta perjuangan mendapatkan kemerdekaan.

Baca juga: Kodim 1503 Tual Sosialiasikan Protokoler Pencegahan dan Penanganan Covid-19 kepada Tokoh Masyarakat

Menurut Rasidi, peran pemuda saat ini untuk menanggapi krisis nilai nasionalis adalah mewujudkan pemahaman masyarakat mengenai acaman terhadap Negara, menumbuhkan rasa cinta tanah air, membangun toleransi antar sesama dan meningkatkan kesadaran bela negara sehinga slogan NKRI harga mati tetap bisa dijaga.

Baca juga: Kodim 1503 Gandeng Pemkot Tual Gelar Baksos

“Semoga dengan kegiatan tersebut para pelajar dapat mengetahui dan merasakan kewajiban mereka untuk menjaga tanah air Indonesia sebagai salah satu tindakan mengenang para pahlawan yang telah gugur memperjuangkan kemerdekaan,” ujar Rasidi.

Setelah selesai sosialisasi, para peserta juga diajak ke lapangan untuk mengikuti kegiatan outbond. Kegiatan itu bukan hanya sebagai olahraga semata namun juga menumbuhkan rasa kebersamaan dan menjaga tali silaturahmi antar sesama.

Editor: Labes Remetwa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU