Selasa, Januari 19, 2021

Ubah Sampah Jadi Uang: DLH Malra Bikin Pelatihan Olah Sampah di Ngurbloat

DLH Malra mengajak masyarakat untuk mengolah sampah organik maupun sampah plastik menjadi olahan bernilai ekonomis.


Langgur, suaradamai.com – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Maluku Tenggara memberikan edukasi dan pelatihan pengolahan sampah di tempat wisata Ngurbloat, Ohoi Ngilngof Kecamatan Manyeuw, Kamis (10/12/2020).

DLH melaksanakan pelatihan pengolahan sampah setelah sebelumnya, minggu lalu, telah memberikan edukasi secara teori. Pelatihan ini diikuti masyarakat dan pelaku usaha yang ada di Ngurbloat.

“Yang ingin kami upayakan adalah mengatasi sampah dari sumbernya dan ini butuh edukasi dan sosialisasi,” papar Kepala Dinas DLH Kabupaten Malra Nurjanah Yunus kepada reporter suaradamai.com di ruang kerjanya, Jumat (11/12/2020).

“Kami olah sampah organik seperti dedaunan, makanan sisa, menjadi bahan kompos,” jelas Anna.

Untuk sampah plastik, diolah menjadi barang yang memiliki nilai ekonomis seperti tikar, kursi ataupun meja.

Anna mengapresiasi masyarakat Ngilngof atas respon mereka dalam kegiatan tersebut. “Kami akan terus melakukan pendampingan kedepannya. Nantinya DLH akan kembali berkunjung ke Ngilngof,” kata Anna.

“Kami berkomitmen akan terus mendampingi dan melakukan praktek, bukan hanya teori. Minggu ini mereka kumpulkan sampah dulu lalu kita lanjut di pertemuan berikut (untuk pelatihan),” kata Anna menjelaskan teknis edukasi.

Anna juga bilang akan melakukan kegiatan serupa di ohoi-ohoi lain, dengan tujuan agar memberikan pengetahuan kepada masyarakat untuk peduli lingkungan, serta mengubah sampah menjadi barang yang memiliki nilai ekonomis.

Editor: Labes Remetwa


“Minggu ini mereka kumpulkan sampah dulu lalu kita lanjut di pertemuan berikut (untuk pelatihan),” kata Anna menjelaskan teknis edukasi.


Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

ARTIKEL TERPOPULER

Tharob: Varietas Bawang Merah Tajuk Lebih Baik dan Cocok di Kei

Bawang merah varietas tajuk yang diproduksi di Kei memiliki ciri yang sama seperti di Nganjuk, Jawa Timur. Langgur, suaradamai.com...

Jalan Trans Pulau Kei Besar Resmi Jadi Proyek Prioritas Nasional

Selamat untuk seluruh masyarakat Maluku Tenggara. Kita tatap Maluku Tenggara yang lebih baik. Langgur/Jakarta, suaradamai.com – Kabar baik bagi...

Kerajinan Tangan Warga Ohoiren Perlu Inovasi

Kerajinan tangan lokal mulai mengalami kemunduran karena tidak ada inovasi. Langgur, suaradamai.com – Industri kreatif seperti kerajinan tangan...

Pemkot Tual Pulangkan 254 Pelaku Karantina: Terbanyak Mahasiswa

Wali Kota memanfaatkan kesempatan tersebut untuk menasihati pelaku karantina yang sebagian besar adalah pelajar mahasiswa.

KOMENTAR TERBARU

× Ada yang bisa dibantu?