Wakil Walikota Tual Nyatakan Siap Laksanakan Serbuan 1 Juta Vaksinasi perhari Usai Vicon Bersama Gubernur

Selang menjelaskan, data yang ada menunjukkan provinsi maluku siap untuk melaksanakan kegiatan tersebut, sekalipun masih dengan kekurangan pada target vaksinasi, yang akan difokuskan pada kelompok lansia.


Tual, suaradamai.com – Pelaksanaan Video Conference (Vicon) Gubernur Maluku bersama Bupati, Walikota dan Forkompinda pada 11 Kabupaten Kota, diikuti Wakil Walikota Tual, Usman Tamnge didampingi perwakilan Kejaksaan Negeri Tual, Lanal Tual, Polres Tual, Kodim 1503 Maluku Tenggara, Lanud Dumatubun Langgur dan Plt.Kepala Dinas Kesehatan Kota Tual, di aula kantor Walikota Tual, Kamis (24/6/2021).

Membuka kegiatan vicon tersebut Sekda Maluku, Kasrul Selang, ST, MT selaku Plh Satgas Penanganan Covid 19 Maluku memulai dengan paparan data, sasaran dan target capaian serbuan 1 juta orang perhari pada tanggal 1 juli 2021 mendatang.

Selang menjelaskan, data yang ada menunjukkan provinsi maluku siap untuk melaksanakan kegiatan tersebut, sekalipun masih dengan kekurangan pada target vaksinasi, yang akan difokuskan pada kelompok lansia.

“Dengan angka kematian di maluku 1,6 %, angka kesembuhan 94,2%, angka kasus aktif perhari 4,2%. Bed yang tersedia 11/hari dan rangking kasus positif diurutan ke 34, serta 14 kasus kematian sejak 4-24 juni, Maluku sudah siap melaksanakan Serbuan 1 juta vaksin perhari, yang direncanakan akan dimulai tanggal 1 juli 2021 mendatang,” tutur dia.

Selang menambahkan, terkait vaksinasi lansia harus lebih digalakkan, dengan beberapa kiat, serta strategi, agar dapat memenuhi target, karena lansia menjadi kelompok paling beresiko terhadap kematian akibat Covid-19.

Gubernur Maluku, Murad Ismail yang hadir secara virtual, dalam sambutannya mengusulkan giat serbuan 1 juta vaksin perhari dimulai tanggal 26 juni 2021 secara serentak, bukan menunggu per 1 juli 2021.

Gubernur juga menekankan Bupati, Walikota, Kapolres, Kajari dan Dandim agar mendukung dengan serius dan menjalankan kegiatan serbuan menuju 1jt orang/hari.

“Saya pikir kalau tanggal 26 juni baru dicanangkan dan tanggal 1 juli baru dilaunching, terlalu lama, saya harap bisa dilaksanakan serentak, setelah pencanangan langsung dilaunching dan action dilapangan vaksinasi itu. Selain itu saya secara pribadi juga meminta agar Bupati, Walikota, Kapolres, Dandim, Danlanal, Danlanud dan Kajari didaerah masing-masing, agar mendukung kegiatan ini dengan serius,” jelas Selang.

Gubernur juga menegaskan, saat melaksanakan vaksinasi, protokol kesehatan harus tetap dijalankan karena provinsi maluku termasuk daerah yang harus menerapkan PPKM skala Mikro, maka kerumunan vaksinasi nanti pun harus diatur dan diupayakan sedemikian rupa, agar tidak melanggar protokol kesehatan.

Dalam rapat virtual tersebut, Gubernur juga sempat menegur ketidak-hadiran Bupati dan Walikota, karna hanya diwakili sekda dan para wakil pimpinan daerah, padahal menurut Gubernur rapat virtual ini sangatlah penting untuk persiapan implementasi dilapangan nantinya.

Dalam vicon tersebut juga, Wakil Walikota Tual, Usman Tamnge, mewakili Walikota Tual menyampaikan strategi penjemputan untuk kelompok lansia, dengan alasan pendekatan karakteristik masyarakat, yang mana para lansia dikota tual masih cukup takut terkait dengan vaksinasi ini sendiri.

“Perlu saya laporkan bahwa kegiatan tanggal 26 juni nanti akan kami pusatkan di Polres Tual setelah launching di Polres, ada 3 tempat yang kami siapkan untuk pelaksanaan vaksinasi. Selain itu sudah kami sampaikan ke PLT kadis kesehatan, lansia perlu kami jemput langsung, dimana titik penjemputan sudah kami siapkan, karena selama ini satu hal yang terjadi ditual, para lansia sangat takut mengikuti vaksinasi dan akan kami jemput dengan mobil ambulans,” jelas Tamnge.

Tamnge juga mengakui untuk pelaksanaan vaksinasi kelompok lansia, bahwa presentasi vaksinasi lansia masih sangat kecil dikota tual, tetapi pihaknya akan mengusahakan untuk peningkatan presentasi vaksinasi lansia.

Editor: Petter Letsoin


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU