Wali Kota Tual Dukung Program “Mutiara Pattimura” yang Digagas Pangdam Tambupolon

Di Kota Tual, program ini berfokus pada bidang perikanan, melalui sinergitas antara TNI, Pemerintah Kota Tual, industri, dan nelayan.


Tual, suaradamai.com – Wali Kota Tual Adam Rahayaan sangat mendukung program “Mutiara Pattimura” yang digagas Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Richard Tambupolon.

Program ini bersifat inovatif, konstruktif, dan kebinekaan yang bersinergi dengan masyarakat dan berbasis kearifan lokal Maluku. Di Kota Tual, program ini berfokus pada bidang perikanan, melalui sinergitas antara TNI, Pemerintah Kota Tual, industri, dan nelayan.

“Untuk program Mutiara Pattimura, kami sangat mendukung, demi membangun ekonomi kerakyatan, dengan memberdayakan sumber daya yang ada,” ungkap Wali Kota.

“Untuk menjual sumber daya alam yang kita miliki, terutama perikanan, pariwisata, dan pertanian. Ini program yang digagas oleh Bapak Pangdam. Ya, sejalan juga dengan rencana pemerintah daerah untuk mengatasi ekonomi pasca covid itu, harus dibuat program mengarah ke pemberdayaan masyarakat,” imbuh Wali Kota.

Wali Kota menambahkan, pihaknya sementara mengusahakan ketersediaan bahan bakar minyak di wilayah kepulauan, guna memudahkan para nelayan beroperasi di laut.

Sebelumnya, Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Richard Tampubolon bersama Danlantamal IX/Ambon Brigjen TNI (Mar) Said Latuconsina serta Manajemen PT. Samudera Indonesia Sejahtera (SIS) bertatap muka dengan kelompok nelayan di Tual, Selasa (19/4/2022).

Kegiatan ini bertujuan untuk mengakselerasikan program Mutiara Pattimura kepada para Babinsa Kodim 1503/Tual dan kelompok nelayan Tual.

Dalam kegiatan tersebut Pangdam berkesempatan meninjau perkembangan program Mutiara Pattimura bidang perikanan di Tual, diantaranya proses kerjasama nelayan dengan PT. SIS. Dimana PT. SIS memberikan edukasi serta bantuan langsung gratis berupa batu es kepada para nelayan.

Pangdam juga meninjau proses penjualan atau penyaluran ikan dari nelayan kepada PT. SIS.

Setelah peninjauan, Pangdam melaksanakan dialog interaktif bersama para Babinsa, nelayan dan PT. SIS untuk mencari solusi atas kendala- kendala yang selama ini dihadapi.

Editor: Labes Remetwa


Baca juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

KOMENTAR TERBARU